Rahasia Terpendam Tari Perang Di Papua Barat

Rahasia Terpendam Tari Perang Di Papua Barat - Tari perang merupakan tarian tradisional yang berasal dari Papua barat sebagai simbol tarian dengan jiwa kepahlawanan serta kegagahan Suku Papua. Tari ini juga disajikan oleh pria dan wanita dengan properti panah. 

Berdasarkan sejarahnya tari perang ini merupakan tari perang ini dilakukan suku Papua barat ketika itu oleh para prajurit sebelum ke medan perang. Pada jaman dulu papua sering terjadi peperangan antar suku diantaranya adalah suku Sentani. Tari ini untuk membangkitkan para pasukan yang bertempur dan kini tarian ini digunakan tari pertunjukan serta tari penyambutan.

Tari ini pada masyarakat suku Papua digunakan sebagai suatu simbol penghormatan terhadap para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan tanah air. Tari ini identik dengan kegagahan dan keberanian. 

Penari ini terdiri dari 7 orang dengan busana tarian khas Papua. Iringan yang digunakan tarian ini genderang dan juga lantunan lagu perang dengan semangat. Gerakan tari perang ini enerjik dan juga bervariatif dengan gerakan memainkan panah. Begitu juga gerakan kaki yang diayunkan ke depan, menyilang. Sedangkan untuk makna khusus tar  ini terbagi menjadi beberapa.

Rahasia Terpendam Tari Perang Di Papua Barat

Iringan tarian ini dengan menggunakan alat musik tifa dan juga alat musik tiup seperti kerang. Sedangkan irama dengan irama perang serta penuh semangat. 

Busana yang digunakan pada tari ini juga unik yaitu dengan menggunakan rok dari bahan daun pisang yang dipasang pada pinggang penari. Pada bagian kepala penari menggunakan ikat kepala khas papua. Sedangkan seperti kalung, gelang dan juga manik- manik terbuat dari bulu dan badan penari juga digambari motif khas Papua. 

Berdasarkan perkembanganya tari ini kini ditampilkan dan dilestarikan dalam berbagai pertunjukan seperti festival budaya, promosi wisata dan pertunjukan seni untuk mengenalkan pada generasi muda.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel