Tarian Suku Minangkabau Sumatera Barat

Tarian Suku Minangkabau Sumatera Barat - Terdapat beberapa tarian Minangkabau yang tumbuh serta berkembang di suku daerah Minangkabau. Tarian yang ada di Minangkabau mencerminkan dari budaya hidup suku Minang. 

Keunikan dari tarian yang ada di Suku Minang ini dapat dikelompokan menjadi tiga jenis tarian, yaitu Tarian Pencak gerakan yang menyerupai pencak. Kedua adalah tarian perintang yang artinya tarian untuk kegembiraan perintang waktu, tari ini dilakukan oleh para pemuda setempat. Ketiga adalah Tarian Kaba yang merupakan tarian yang mengangkat tema cerita dan disebut suku Minang dengan Kaba.

Pertunjukan Tari Pencak ini gerakanya menyerupai gaya silat yang dilakukan oleh dua orang, secara fisik pemain tari ini tidak bersinggungan. Iringan yang digunakan pada tari ini adalah alat musik talempong dan pupuik batang padi yang berfungsi sebagai sekedar pengiring tari.

Tarian Suku Minangkabau Sumatera Barat

Tiga jenis Tari Pencak

Tari Pencak sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu : Tari Sewah yang ditampilkan oleh dua orang atau lebih yang mirip gerakan pencak dengan properti tari yang disebut sewah. 

Kedua adalah tari Alo Ambek tarian yang ditampilkan dua orang dan juga dua pendamping. Ketiga adalah tarian untuk keperluan hajatan penobatan penghulu atau upacara pernikahan.

Sedangkan tarian Perintang berdasarkan pertunjukan tarinya dilakukan secara bersama - sama dengan iringan atau bunyi - bunyian seperti alat musik talempong, pupuik batang padi dan gendang. Tarian ini disajikan secara bebas sesuai kemampuan. Sedangkan gerakan terpola meniru alam hanya digunakan untuk upacara musim panen. Baca Alat Musik Tradisional Talempong Sumatera Barat Fungsi, Bentuk Dan Cara Membunyikan.

Terdapat berbagai jenis tari Perintang ini antara lain adalah tari galuak, tari Piring, tari kerbau jalang dan sebagainya. Sedangkan tari piring ini ditampilkan secara bersama atau secara tunggal.

Tarian galuak ini adalah sebuah tarian dengan properti tempurung kelapa pada kedua belah tangan yang dilagakan sesuai dengan irama selain irama yang dihasilkan oleh gerakan benturan tempurung kelapa.

Tari Kerbau Jalang adalah gerakan tari yang menirukan kerbau liar dengan mengacungkan kedua tangan keatas kepala untuk menirukan tanduk kerbau dan nafas yang mendengus dan menyeruduk para penonton. Sebagai puncak tarian penari kesurupan.

Tarian Kaba adalah tari yang lebih mengutamakan cerita daripada gerak. Pertunjukan tari ini penyanyi menyanyikan sebuah cerita dan menari. Tari ini berdasarkan cerita yang dibawakan. Iringan tari ini dengan alat musik seperti Talempong dan juga adok.

Jadi, Gerakan sebagian tarian di Minang adalah bersumber dari gerakan pencak. Sedangkan gerakan tari lainya penari dapat melakukan gerakan sesuai kemampuan. Tarian yang lebih terpola di Minang adalah tari pencak.

Keindahan gerakan tarian Minang adalah seperti gerakan kaki dan juga sorot mata serta gerakan jari pada tari piring. Keindahan pada tari minang ini didukung oleh gerakan dan juga irama musik yang menghasilkan keindahan tersendiri serta busana penari. Pada dasarnya tarian Minangkabau adalah menggunakan falsafah alam.

Demikian ulasan seputar karya seni Tarian Suku Minangkabau Sumatera Barat. Dapatkan juga ulasan seputar jenis karya seni dan budaya daerah lainya yang berasal dari Minangkabau Sumatera barat juga ulasan seni tradisional dan modern nusantara maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel