Sumber Hebat Yang Anda Butuhkan Tari Makan Sirih Tarian Tradisional Riau

Sumber Hebat Yang Anda Butuhkan Tari Makan Sirih Tarian Tradisional Riau - Tari Makan Sirih merupakan tarian tradisional Riau atau tari klasik Melayu dan biasa dipentaskan untuk berbagai keperluan seperti untuk menyambut tamu atau menghormati tamu. Dengan gerakan tari makan sirih yang indah tamu akan merasa terhibur.

Berdasarkan asal dan usulnya Tari makan sirih ini dipentaskan penyambutan tamu yang melambangkan orang melayu yang menghargai terhadap hubungan atau kekerabatan.

Terdapat perbedaan nama gerakan pada gerakan tari makan sirih yang terdiri dari dua gerakan gerakan tersebut adalah gerakan Lenggang Patah sembilan dan ganda. Gerakan yang tercipta menampilkan kreativitas orang Melayu. 

Sumber Hebat Yang Anda Butuhkan Tari Makan Sirih Tarian Tradisional Riau

Sedangkan tarian patah lenggang Sembilan Berdasarkan sumber yang tersedia terdiri dari tiga bagian gerakan, gerakan tersebut adalah lenggang ditempat, lenggang memutar satu lingkaran dan lenggang maju dan berubah arah. Penari dalam hal gerak harus menguasai dan menjiwai gerakan dan tidak asal melenggang serta kekuatan fisik.  

Para penari makan Sirih diharuskan untuk memahami istilah khusus pada tarian Melayu antara lain :

Gerak Igal gerakan tangan dan badan.
Gerak Liuk adalah gerakan menundukan serta mengayunkan badan
Gerak Lenggang adalah gerakan berjalan sambil menggerakan tangan .
Gerak titi batang adalah gerakan berjalan dalam satu garis bagai meniti batang.
Gerak Getam adalah Menari sambil menghentakan tumit kaki.
Gerak Cicin adalah gerakan menari sambil berlari kecil dan.
Gerak Legar adalah menari sambil berkeliling 180 derajat, dan masih banyak lagi.

Tari ini ditampilkan oleh muda - mudi yang berpasangan dan kini ditampilkan oleh penari yang lebih tua. Sedangkan busana penari menggunakan busana adat khas melayu seperti baju, celana, kopiah untuk pria, dan selendang serta kebaya serta hiasan kepala untuk penari perempuan.

Iringan Tari makan sirih lebih cenderung gembira. Adapun lagu yang disajikan pada pertunjukan,berikut ini Lagu Makan Sirih :

"Makan Sirih Ujunglah ujungan aduhai sayang
Kuranglah kapur tambah lah ludah"

"Hidupku ini untungan aduhai lah sayang
Sehari lah senang seharilah susah "

Demikian pertunjukan tari, jenis tari, gerakan tari makan sirih. Dapatkan ulasan seputar kesenian tari daerah yang berasal dari Riau dan berbagai ragam kesenian tradisional beserta makna, keunikan juga nilai - nilai budaya yang terdapat pada karya seni tradisional Indonesia. Dapatkan pula ragam ulasan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel