Pertunjukan Tari Mangaru Tarian Daerah Sulawesi Tenggara

Pertunjukan Tari Mangaru Tarian Daerah Sulawesi Tenggara - Mengenal tari Sulawesi Tenggara memang menarik setelah mengetahui adanya beberapa tari yang khas di daerah tersebut, misalnya tari tradisional Balumpa dan Malulo.

Tari Mangaru merupakan tarian daerah yang menceritakan tentang perang di medan peperangan, yaitu dua orang lelaki yang ada dimedan peperangan. Gerakan tari ini ini menggambarkan dua kekuatan dengan menggunakan senjata keris. 

Fungsi Tari Mangaru ini pada jaman dahulu digunakan untuk keperluan upacara adat daerah. Selain itu Tari Mangaru ini juga digunakan untuk keperluan sebagai wujud kegembiraan desa Konde dalam pesta panen. Tari Mangaru ini juga ditampilkan dalam hajatan.

Pertunjukan Tari Mangaru Tarian Daerah Sulawesi Tenggara

Pertunjukan Tari Mangaru ini dengan menggunakan alat musik tradisional khas Sulawesi Tenggara Kansi - Kansi Bololo atau gong dan juga dua buah gendang yang terbuat dari kulit binatang. 

Penabuh alat musik ini terdiri dari empat orang dengan sajian musik tempo yang cepat dan sesuai dengan gerak penari yang semangat. Iringan tari ini memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dengan iringan tari lain.

Tari Mangaru seiring perkembangan jaman telah mengalami berbagai perubahan dan juga kreasi dan tetap pada gerakan dasar dan juga menjadi hiburan masyarakat dan penyemangat.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel