Tari Dero Suku Pamona Tarian Tradisional Sulawesi Tengah

Tari Dero Suku Pamona Tarian Tradisional Sulawesi Tengah - Tari Dero adalah tari yang berasal dari suku Pamona di Sulawesi Tengah. Tarian ini ditampilkan secara masal. Tari yang digunakan untuk upacara adat ini dalam pementasanya ditampilkan oleh para wanita, pria tua atau muda. 

Tari Dero ini merupakan tari yang juga sebagai ungkapan rasa syukur terhadap terhadap tuhan dan merupakan sebuah kesenian yang menjadi pemersatu suku Pamona, dan merupakan tari warisan leluhur Suku Pamona.

Iringan tari Dero ini juga nyanyian syair dan juga pantun dengan jumlah penari yang banyak dan ditempat yang luas. Awal sajian tari ini terbagi menjadi dua kelompok dengan arah yang berbeda kemudian berkumpul menjadi barisan panjang dan menari bersama dengan menghadap ke satu arah. 

Tari Dero Suku Pamona Tarian Tradisional Sulawesi Tengah

Formasi tari ini melingkar dan saling berpegangan tangan. Gerakan tari ini didominasi dengan gerakan tangan dengan ayunan tangan kedepan dan kebelakang. Sedangkan gerakan kaki kekiri dan kekanan, gerakan tangan satu kali dan kaki dua kali searah jarum jam.

Iringan tari Dero ini dengan alat musik tradisional Sulawesi Tengah ngonggi dan juga Ganda. Selain itu juga iringan vokal dan juga pantun. Busana tari ini dengan menggunakan pakaian bebas dan untuk acara adat menggunakan pakaian adat.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel