Tari Mabbissu Tarian Mistis Bugis Kebal Senjata Debusnya Sulawesi Selatan

Tari Mabbissu Tarian Mistis Bugis Kebal Senjata Debusnya Sulawesi Selatan - Tari Mabbisu juga disebut dengan tari Maggiri. Berdasarkan pertunjukan tarinya, tari Mabbisu ini sama dengan peragaan kesenian bernama debus yang berasal dari dari provinsi Banten.

Nama Mabbisu menurut dari beberapa sumber berasal dari kata Bissu atau Bessi yang berarti bersih, suci dan kuat. Pada kebudayaan masyarakat Sulawesi mereka di panggil Bissu ini berkaitan dengan darah, mereka tidak haid, tidak berdarah dan suci.

Pemain Bissu ini berjenis laki - laki dan diperagakan oleh enam bissu utama dan dipimpin oleh ketua bissu. Bissu yang memperagakan gerakan tari ini memiliki sifat seperti perempuan atau Calabai orang Bugis Menyebutnya. Baca Tari Pa Gellu Sulawesi selatan.

Tari Mabbissu Tarian Mistis Bugis Kebal Senjata Debusnya Sulawesi Selatan

Bissu berdasarkan struktur kerajaan di Sulawesi selatan adalah penasehat rohani atau Spiritual para raja. Bissu ini juga dianggap para dewa Epos La Galigo, dan bissu ini masih bertahan sampai sekarang.

Mantra mistis yang dilantunkan menggunakn bahasa To Rilnagi atau bahasa bugis Kuno. Dengan membaca mantra mistis mereka menari berputar "Arajangnge" dengan alat musik iringan tabuhan gendang. Arajange adalah benda yang dianggap keramat dan diyakini sebagai tempat roh para leluhur. 

Gerakan Manggiri ditandai dengan gerakan penari yang semakin pelan ketika tabuhan gendang semakin cepat dan para Bissu mulai hilang kesadaran dan menusukan keris ke tubuh mereka dengan senjata keris panjang yang terselip dipinggang. 

Hal tersebut dilakukan untuk menguji roh para leluhur telah merasuk pada diri mereka, Dan apabila mereka telah kebal Bissu serta Roh yang merasuki tubuhnya dapat memberi berkat.Sebaliknya bila tubuh mereka terluka berarti roh lemah dan tidak di rasuki roh leluhur.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel