Keunikan Tari Belian Bawo Suku Dayak Benuaq Sebagai Ritual Pengobatan

Keunikan Tari Belian Bawo Suku Dayak Benuaq Sebagai Ritual Pengobatan - Tari Belian bawo merupakan tarian yang berasal dari suku Dayak dan ditampilkan dalam berbagai upacara adat suku Dayak. Suku Dayak yang berada di Kutai menyebut tarian Belian Bawo ini digunakan pengobatan.

Selain sebagai pengobatan tarian Belian Bawo juga digunakan untuk pemanggilan hantu atau yang sering disebut dalam bahasa benuaq "Belih atau Uo'q". Tari ini juga digunakan dalam berbagai keperluan seperti acara pemerintahan dan even kesenian.

Alat musik yang digunakan diiringi dengan peralatan khusus yang sangat berpengaruh pada ritual. Ritual akan akan gagal bila salah satu orang yang memainkan musik tidak tepat dan akan terjadi kesurupan, sehingga iringan musik harus dinetralkan kembali. 

Keunikan Tari Belian Bawo Suku Dayak Benuaq Sebagai Ritual Pengobatan

Ritual yang dilakukan paling lama satu minggu dan biasanya minimal tiga malam dan disesuaikan dengan seberapa parah penyakit yang diderita. Ritual ini dilakukan pada penderita penyakit aneh yang tidak segera sembuh. Baca Tari Kuyang Kalimantan timur.

Keunikan tari ini juga menggunakan hewan ayam sebagai tumbal atau babi. Pada umumnya menggunakan tumbal ayam. Ritual untuk pengambilan penyakit bila penyakit aneh tersebut karena magic, maka lidah penderita penyakit akan menjulur panjang hingga pusar dan pada saat itulah pencabutan penyakit dilaksanakan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel