Ragam Pertunjukan Tari Dayak Benuaq Dan Dayak Kenyah Kalimantan Timur

Ragam Pertunjukan Tari Dayak Benuaq Dan Dayak Kenyah Kalimantan Timur - Berikut ini adalah beberapa tari yang terdapat di kalimantan berdasarkan informasi dan berbagai sumber. Bila ditelaah banyak sekali tari tradisional suku Dayak Kalimantan timur. Berikut ini adalah tari tradisional daerah yang ada di kalimantan timur. 

Tari Ngelewai
Tari tersebut merupakan tari tradisional yang berasal dari suku Dayak Tonyoi atau dayak Benuaq. Tari ini ditampilkan dengan gerakan lembut oleh gadis-gadis cantik. Tari ini ditampilkan untuk upacara penyambutan tamu atau sukacita. 

Kancet Punan Letto 
Tari ini bercerita tentang dua orang pemuda yang suka terhadap gadis. Punan berarti merebut dan Letto berarti gais atau wanita. Jadi, tari ini bercerita tentang memperebutkan gadis. Pertarungan dimenangkan oleh pemuda yang gagah berani. Hal tersebut sebagai sifat suku Dayak Kenyah untuk selalu mempertahankan apapun miliknya. Baca Keunikan tari Belian Bawo.

Ragam Pertunjukan Tari Dayak Benuaq Dan Dayak Kenyah Kalimantan Timur

Tari Persatuan dan kesatuan
Tari pada awalnya bernama Kancet Menyam Tali berarti Anyam tai. Tarian ini berasal dari suku dayak Kenyah. Keanekaragaman suku, adat, serta budaya dan agama yang terdapat di Kaltim disimbolkan oleh aneka warna tali pita yang menjadi properti penari. Tari ini merupakan tarian wajib bagi masyarakat Kaltim. 

Belian Sentiyu
Tari ini memiliki kesamaan dengan tarian Belian bawo dan berasal dari suku Dayak Tonyoi dan Dayak Benuaq. Tari ini juga digunakan sebagai pengobatan serta mengusir roh jahat. Kostum tari Belian Bawo menggunakan gelang serta persembahan beras.

Tekenaq Bungan Malan
Tari bungan malan adalah seorang Dewi yang diagungkan di suku Dayak kenyah dan dianggap Tuhan. Bungan Malan digambarkan seorang yang arif serta bijaksana dan sakti. Bungan Malan ini disegani oleh suku Dayak kenyah. Pada pertunjukan tarinya Bungan Malan diangkat dengan menggunakan gong oleh para ajai sebagai perlambang Dewi yang disanjung dan di puja.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel