Pertunjukan Tari Lenggo Bima Nusa Tenggara Barat

Pertunjukan Tari Lenggo Bima Nusa Tenggara Barat - Tari Lenggo adalah salah satu tari tradisional yang ada di NTB. Tari ini berasal dari daerah Bima. Tari lenggo terbagi menjadi dua bagian jenis tarian yaitu Tari Lenggo Melayu yang dilakukan oleh penari pria dan Lenggo Mbojo dilakukan oleh penari wanita. Tari lenggo tumbuh dan berkembang di Kerajaan Bima NTB. 

Tari Lenggo Melayu lebih dulu diciptakan sebelum tari Mbojo menurut sumber yang ada. Pencipta tari Lenggo melayu adalah seorang mubaliq dari Sumatera Datuk Raja lelo untuk keperluan adat Hanta Ua Pua di Bima NTB. Tari Melayu ini oleh masyarakat Bima disebut dengan Tari Lenggo Mone. Baca Tari Oncer Suku Sasak Lombok.

Sedangkan tari Lenggo diciptakan oleh Sultan Khair Sirajuddin yang terinspirasi oleh Tari Lenggo Mbojo dan disebut dengan Tari Lenggo Siwe. Gerakan tari ini dikembangkan oleh gerakan tari Lenggo Melayu dan ditampilkan untuk acara adat  Hanta Ua Pua atau upacara peringatan masuknya agama Islam di NTB. 

Pertunjukan Tari Lenggo Bima Nusa Tenggara Barat

Selain untuk upacara Hanta Ua Pua tari Lenggo juga ditampilkan ketika rombongan Penghulu Melayu masuk pelataran istana Kerajaan dua orang penari mendampingi penghulu Melayu menuju istana. 

Pertunjukan tari lenggo dimainkan oleh 4 hingga 6 penari dari kedua jenis tarian tersebut. Tarian ini identik dengan upacara penyambutan dan mengiringi kedatangan tamu dengan tampilan gerakan penari yang lemah gemulai. 

Iringan yang digunakan tari Lenggo adalah alat musik tradisional dari Bima yang berupa gendang besar atau gendang na'e, sili sejenis serunai dan gong serta tawa- tawa. Irama iringan musik ini lembut serta pelan selaras dengan gerakan penari Lenggo. Busana tari Lenggo dengan menggunakan busana khas baik pria atau wanita dengan didominasi warna cerah.

Demikian ulasan Pertunjukan Tari Lenggo Bima Nusa Tenggara Barat. Dapatkan juga berbagai jenis ulasan seputar seni daerah yang berasal dari Nusa tenggara barat dan seni budaya tradisional maupun modern yang berkembnng diberbagai daerah di Indonesia maupun seni budaya mancanegara dengan berbagai nilai yang terkandung dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel