Tari Oncer Suku Sasak Lombok Nusa Tenggara Barat

Tari Oncer Suku Sasak Lombok Nusa Tenggara Barat - Tari Oncer adalah tari tradisional daerah Suku Sasak Lombok Nusa Tenggara Barat yang merupakan tarian bersama ditampilkan sejumlah 6 hingga 8 orang pembawa kenceng disebut penari kenceng dan dua orang pembawa gendang disebut dengan penari gendang dan penari petuk yang dibawa oleh satu orang.

Pertunjukan tari ini tidaklah berdiri sendiri melainkan pada akhir bagian terdapat Gendang Beleq yang dipukul sambil menari. Terdapat tiga babak pada pertunjukan tari Oncer pertama menggambarkan peperangan  dengan gerakan tinduk keberangkantan ke medan perang dengan gerakan kaki.

Kedua adalah gerakan bukaq jebak yang berarti membuka pintu. Sedangkan yang ketiga adalah kadal nengos yang berarti menengok sebagai suatu tanda kewaspadaan terhadap musuh melihat kekiri dan kekanan serta kebelakang.

Tari Oncer Suku Sasak Lombok Nusa Tenggara Barat

Selain itu ada gerak tereq repq dan rebek taping dengan peraga gerak bambu setengah tumbang dengan tiupan angin. Pada bagian tiga menggambarkan cempaka yang berguguran atau cempaka panclang, sandal kebak atau kembang sandat mekar dan keroton kombol atau kembang sepatu kuncup. Tarian tersebut ditarikan oleh pria dan wanita.

Iringan tari ini dengan menggunakan tetabuhan alat musik gendang beleq, ceng - ceng, rincik, suling, gong dan reong serta gendang kecil yang pada jaman dulu untuk iringan prajurit yang berangkat perang.

Demikian tentang Tari Oncer Suku Sasak Lombok Nusa Tenggara Barat, awal keberadaan, keunikan tari Oncer, jumlah penari dan keuikan pertunjukan tari oncer  yang berasal Sasak Lombok Barat Indonesia. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel