Mengenal Sekilas Karya Seni Batik Khas Jambi

Mengenal Sekilas Karya Seni Batik Khas Jambi - Selain seni pertunjukan yang eksis daerah Jambi juga memiliki banyak kesenian kerajinan tangan salah satunya adalah seni batik. Perdagangan Batik yang terdapat di daerah Jambi memiliki keterbatasan sejak masa kesultanan. 

Di daerah Jambi Batik merupakan suatu hasil karya seni yang tidak dimiliki oleh sembarang orang. Batik Jambi dikonsumsi oleh masyarakat dengan tingkat kehidupan sosial yang tinggi misalnya kaum bangsawan atau kerabat kerajaan saja. 

Perkembangan batik yang ada di Jambi setelah zaman orde baru terjadi perkembangan yang pesat sehingga banyak sanggar batik untuk pembinaan dengan secara masal dan intensif. 

Sedangkan pemakaian kain batik kini tidak hanya kalangan masyarakat dengan status sosial yang tinggi saja melainkan telah merambah ke berbagai kalangan dan telah memiliki kebebasan. Batik Jambi adalah sebuah karya seni kebanggaan bangsa Indonesia dan telah dikenal diberbagai negara.
Mengenal Sekilas Karya Seni Batik Khas Jambi-art

Motif batik Jambi pada umumnya antara lain flora dan fauna. Adapun motif batik Jambi yang sangat terkenal antara lain cendawan, kepak lepas, ayam, anggur, kupu- kupu, kaco piring, keladi, kembang duren, angsoduo dan bentuk flora hutan Jambi.

Warna yang digunakan untuk menggunakan pewarna alami yang khas dan mempesona. Warna tersebut dihasilkan dari tumbuhan, misalnya warna kuning kemerahan dihasilkan dari kayu sepang. Warna merah Kecoklatan dihasilkan dari kayu ramelang dan masih banyak lagi.

Batik yang menjadi kebanggaan masyarakat Jambi diproduksi oleh para warga asli Jambi. Sedangkan cara pembuatan batik yang ada di Jambi terbagi menjadi dua jenis yaitu batik tulis dan batik cap. Kain yang digunakan berbahan sutra dan katun.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel