Tari Andun Tarian Tradisional Daerah Bengkulu

Tari Andun Tarian Tradisional Daerah Bengkulu - Tari Andun adalah tarian tradisional rakyat yang masih berkembang di daerah Bengkulu. Tari ini adalah tari pergaulan dan ditampilkan oleh penari pria dan wanita. Tari ini berasal dari Bengkulu Selatan.

Menurut sejarah yang ada tari Andun adalah tari tradisi masyarakat Bengkulu sering ditampilkan untuk upacara adat dan panen raya sebagai rasa syukur masyarakat dari panen yang mereka dapat. Panenan tersebut dilakukan oleh semua masyarakat para pemuda dan pemudi. Selain tari pergaulan tari ini juga untuk mencari jodoh bagi kaum muda. 

Tari ini seiring perkembangan zaman dikenal masyarakat dan tidak hanya ditampilkan untuk kepentingan panen saja melainkan juga untuk memeriahkan berbagai acara adat atau hajatan masyarakat. 

Tari Andun Tarian Tradisional Daerah Bengkulu

Tari ini seiring perkembangan waktu juga sebagai tarian pertunjukan sebagai rasa syukur panen yang mereka dapatkan. Tarian ini juga dimaknai jiwa sosial masyarakat dengan semangat kebersamaan yang mereka junjung tinggi. 

Pertunjukan tari Andun ini dipentaskan untuk pria dan wanita untuk upacara adat dan diperbolehkan siapa saja untuk menari sesuai arena pertunjukan. Jumlah penari disesuaikan kebutuhan. 

Tarian ini diiringi dengan musik pengiring. Gerakan tari ini sederhana dan siapa saja boleh ikut menari karena tari ini bersifat sosial. Makna gerakan tari ini juga cukup memiliki makna tersendiri. Baca Tari Ganau Tari Tradisional Provinsi Bengkulu.

Iringan tari Andun menggunakan alat musik tradisional Gong, gendang serta kolintang khas Bengkulu dengan irama tempo cepat secara berkelompok dan harmoni menghasilkan alunan musik khas. 

Busana tari yang digunakan penari adalah bebas dan tetap sopan dan untuk pertunjukan tari penari menggunakan busana tradisional khas Bengkulu. Busana sesuai dengan kebutuhan atau acara. 

Sesuai perkembangan, tari ini tetap eksis dan berkembang hingga sekarang. Tari ini juga ditampilkan dalam berbagai pementasan pertunjukan seni, promosi wisata dan festival budaya. Selain di Bengkulu tari Andun dikenal diberbagai wilayah Indonesia.

Demikian seni Tari Andun Tarian Tradisional Daerah Bengkulu. Dapatkan ulasan ragam kesenian daerah yang berasal dari Bengkulu, dan dapatkan seputar karya seni budaya daerah yang berasal dari daerah Indonesia dan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel