Tari Bendrong Lesung Tarian Daerah Cilegon Banten

Tari Bendrong Lesung Tarian Daerah Cilegon Banten - Tari Bendrong Lesung adalah tarian tradisional yang berasal dari daerah Cilegon Banten. Tari Bendrong lesung menggambarkan kegembiraan dan semangat masyarakat menyambut panen. Properti tari Bendrong Lesung menggunakan alat penumbuk padi lesung dan alu.

Pada awalnya tarian ini tumbuh dan berkembang di daerah Banten yang ditampilkan oleh masyarakat setempat menyambut datangnya musim panen. Tarian tersebut dalam adat kebudayaan Cilegon Banten adalah sebagai sebuah wujud kegembiraan masyarakat dari hasil panen yang mereka dapatkan. Pertunjukan tarian Bendrong Lesung merupakan tradisi hingga kini terus berkembang. Baca Tari Grebeg Terbang Gede Banten.

Awal pertunjukan tari Bendrong Lesung dilakukan oleh wanita dewasa dan kini dilakukan oleh para pria dan wanita. Jumlah pemain bendrong lesung terdiri dari enam orang. Baca Tari Walijamaliha Banten.

Tari Bendrong Lesung Tarian Daerah Cilegon Banten

Pertunjukan tarian ini para penari semangat memegang alu dan dihentakan pada lesung dengan nada yang unik. Pola permainan tetabuhan ini dilakukan secara bergantian. Para penabuh alu dan lesung juga menari dengan mengelilingi lesung sebagai ungkapan kegembiraan sesuai dengan irama yang mereka mainkan. 

Pengiring Bendrong Lesung adalah properti tarian yang digunakan pada zaman dulu, kini pertunjukanya ditambah alat musik daerah seperti bedug dan gendang. Selain itu juga terdapat alat bakul dan tampah yang menghasilkan suara yang khas dan unik serta bervariatif. Lagu yang dimainkan antara lain, Mamangguan, Bajing loncat dan sebagainya. 

Busana tari Bendrong Lesung adalah pakaian yang digunakan oleh para petani pada saat di ladang atau di sawah. Untuk menggambarkan kegembiraan ada pula yang menggunakan pakaian berwarna cerah. 

Tarian ini selain sebagai ciri kedaerahan tetap dilestarikan secara turun temurun. Tarian ini juga ditampilkan dalam berbagai acara even budaya dan lain - lain.

Selain tari Bendrong Lesung dari daerah Banten juga terdapat tari Cokek yang keberadaanya berkembang didaerah Banten.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel