Tari Toping - Toping Huda - Huda Ritual Budaya Simalungun Pesta Roddang Ni Huta

Tari Toping - Toping "Huda- Huda" Ritual Budaya Simalungun Pesta Roddang Ni Huta - Tari Toping - toping tarian tradisional yang berasal dari suku Batak Simalungun sebuah kabupaten yang terdapat di Sumatera Utara. Tari ini ditampilkan dalam upacara duka cita yang terdapat di kalangan kerajaan. 

Pertunjukan tari Toping - toping selalu ditampilkan dalam pesta Roddang Ni Huta atau sebuah ritual duka cita. Simalungun dikenal memiliki empat marga asli Simalungun yang dikenal dengan istilah Sisadapur yaitu sinaga, Damanik, Saragih dan Purba. Empat Marga tersebut adalah kerajaan besar yang ada pada zaman dulu kala. 

Properti tari yang digunakan pada pertunjukan tari Toping- toping ini  dari tiga simbol utama yang bermakna dan memiliki nilai tersendiri, yaitu :

Topeng Dalahi berupa topeng yang menyerupai pria yang dikenakan oleh penari pria.

Topeng Daboru berupa topeng menyerupai wajah perempuan sama dengan topeng dalahi, dan topeng ini dipakai oleh seorang perempuan. 

Huda - Huda adalah topeng berupa parung burung Enggang yang tersusun dari jalinan kain. Huda Huda dipercaya mengantar roh yang sudah meninggal ke hadapan Dibata.

Tari Toping - Toping "Huda- Huda" Ritual Budaya Simalungun Pesta Roddang Ni Huta,art

Pertunjukan ritual Toping toping ini diawali dengan tetabuhan alat musik tradisional Simalungun dengan berbagai ritme kemudian Topeng Dalahi dan topeng diboru menari memasuki arena dengan busana yang berbeda. 

Busana pakaian yang dipakai Topeng Diboru berwarna merah, hitam serta putih dengan corak horizontal dan Penari Topeng Dalahi dengan pakaian berwarna putih dan celana panjang hitam.

Setelah itu dinyanyikan lagu sedih dari beberapa orang yang memasuki arena. Kemampuan bernyanyi dalam tarian Toping - toping biasanya membuat para penonton meneteskan air mata karena nyanyian yang menyayat hati. Nyanyian tersebut hampir mirip dengan nyinden yang terdapat pada pertunjukan musik tradisional di Jawa. Baca Tari tradisional burung enggang Sumatera Utara.

Tari Toping - toping ini biasanya dapat dijumpai pada acara pesta Rondang Ni Huta yang dapat menghidupkan kebiasaan atau sebuah tradisi budaya masa lampau. Event tersebut sebagai wujud untuk melestarikan budaya Simalungun.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel