Ragam Musik Nusantara danJenis Lagu Nusantara

Ragam Musik Nusantara & Jenis Lagu Nusantara - Ragam musik di Nusantara lebih sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari - hari yang sifatnya tradisi. Ragam musik nusantara di kelompokan menjadi beberapa jenis lagu antara lain:

1. Musik Anak - anak
Musik anak - anak memiliki bentuk lagu sederhana dan kalimat lagu yang tidak terlalu panjang dan bahasa yang digunakan mudah di pahami. Terdapat 10 nada yang digunakan untuk menyusun melodi. 10 nada tersebut mulai dari paling tinggi ke nada yang paling rendah, tidak terlalu lebar begitu pula lompatan nada. Tema lagu anak - anak antara lain: Kasih sayang orang tua dan cinta tanah air, keagamaan dan lingkungan sekitar. 

Ragam Musik Nusantara & Jenis Lagu Nusantara

2.Musik Daerah
Musik daerah secara tidak langsung sebagai gambaran dari kehidupan masyarakat setempat dan biasanya di tampilkan pada kesempatan upacara adat setempat. Musik daerah ini memiliki ciri dan karakter tersendiri dan menggunakan bahasa setempat. 

3.Musik Perjuangan 
Musik perjuangan ini setiap bangsa memiliki cara untuk menanamkan sikap cinta tanah air dan bangsa, jiwa patriotisme dan nasionalisme, rela berkorban demi kelangsungan hidup bangsa. Lagu Perjuangan biasanya penuh semangat. 

4.Musik Keroncong
Musik Keroncong selama ini adalah musik peninggalan bangsa portugis. Tangga nada yang digunakan adalah tangga nada diatonis. Instrumen yang digunakan dalam musik keroncong sebagian besar berdawai, misalnya ukulele dan cak, cello, gitar, mandolin yang dalam pertunjukanya dimainkan bersamaan dengan biola, triangle, seruling dan tamborin. Komposisi lagu keroncong menggunakan pola ABC. 

5.Musik Stambul
Musik stambul adalah variasi dari musik keroncong dalam pertunjukanya juga menggunakan ansambel keroncong. Stambul berasal dari kata istambul atau konstantinopel. Musik stambul mulai muncul pada aba ke 20. 

6.Musik Populer 
Musik populer diketahui mengandung dua makna, Pertama musik yang disukai masyarakat pada kurun waktu tertentu. Kedua Lagu yang disajikan lebih mengutamakan kebebasan ritme serta jenis instrumen. Ritme yang digunakan bersifat alamiah sehingga mudah di pahami. 

7.Musik Seriosa
Baca : Musik Seriosa Dan Teknik Vokal

8.Musik Langgam
Baca : Musik Langgam Dan Ciri - Cirinya

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel