Keunikan Kesenian Pungmul Musik Petani Rakyat Korea

Keunikan Kesenian Pungmul Musik Petani Rakyat Korea - Pungmul adalah kesenian rakyat Korea yang menampilkan berbagai kesenian dalam pertunjukanya yaitu dengan dengan berbagai unsur seperti permainan alat musik, akrobat, tarian dan nyanyian. Pungmul dikenal dengan Pungmulnori atau Nong-ak.  Pementasan Pungmul memiliki berbagai macam ciri khas dan variasi menurut daerah setempat.

Ragam jenis Pungmul di Daerah Koera
  • Utdari Pungmul dari Gyeonggi, Chungcheong
  • Pungmul Yeongnam dari Jeolla
  • Pungmul Yeondong dari daerah Gangwon
Keunikan Kesenian Pungmul Musik Petani Rakyat Korea
Kesenian Pungmul digelar sebagai obat lelah para petani yang sedang bekerja dan pementasanya di lapangan terbuka. Pertunjukan musik seni Pungmul merupakan pertunjukan seni kolosal sebuah tarian rakyat siapapun boleh bergabung memainkan alat musik dan menari bersama bagian dari madangnori.Kesenian ini berakar dari ritual Shamanisme. 

Pertunjukan Pungmul Di Berbagai Daerah Korea

Atribut penari Pungmul para penari memakai Sangmo, topi dan pita panjang dan menari secara individu sesuai dengan alat musik yang dimainkan. Umumnya pertunjukan Pungmul para pemain alat musik membentuk kelompok menari dan melakukan akrobat yang dinamai Pangut. Alat musik yang digunakan yaitu sogochum (tari genderang kecil), jangguchum (tari genderang panjang), bukchum (tari genderang besar) serta memainkan pita panjang dan berputar - putar yang dinamai sangmonori.

Menurut sejarah Tradisi Pungmul adalah sebuah upacara ritual sebagai pengiring doa agar mendapatkan hasil panen yang melimpah dan terhindar dari serangan hama. Perkembangan kesenian rakyat tersebut kini dipentaskan sebagai musik petani dalam upacara festival - festival di pedesaan.

Keberagaman jenis Pungmul diberbagai daerah Korea  terdapat pertunjukan yang disebut dengan Binari atau berdoa yang dipanjatkan pada pertunjukan dengan menyanyikan syair dengan irama cepat serta memainkan alat musik yang terdiri kurang lebih 15 orang pria. Binari digunakan sebagai ritual pembuka dalam permainan Samulnori sebelum mengadakan ritual khusus yaitu mendoakan keamanan para penonton pada tahun baru.

Pertunjukan musik Pungmul lebih banyak didominasi permainan alat musik perkusi dan beberapa alat musik tiup seperti taepyeongso dan nabal alat musik tiup bernada tinggi (terompet panjang). Kelompok musik disebut Pungmulpae, para pemusik dari setiap kelompok terdapat beberapa pemain  pemain kkwaenggwari (gong kecil), sogo (genderang kecil), janggu (gendang panjang), buk (gendang besar), dan jing (gong besar).
 
Demikian ulasan seni dan budaya Korea Keunikan Kesenian Pungmul Musik Petani Rakyat Korea. Dapatkan ulasan seputar kesenian korea dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel