Motif Batik Abstrak Carica, Makna, Sejarah dan Pembuatan Batik

Motif Batik Abstrak Carica, Makna, Sejarah dan Pembuatan Batik - Batik Carica lestari adalah batik tertua dan pencetus lahirnya ikon batik Wonosobo. Batik Carica berasal dari Desa Talunombo yang berciri motif tanaman Carica dan daun Purwaceng. Buah Carica adalah buah khas yang berasal dari Wonosobo sehingga buah "Carica" dijadikan motif batik unggulan. "Lestari" adalah bermakna atau menggambarkan harapan anggota agar batik tersebut kekal di Wonosobo khususnya di Desa Talunombo.
Motif Batik Abstrak Carica, Makna, Sejarah dan Pembuatan Batik

Kelompok batik Carica didirikan pada tanggal 6 Mei 2008 oleh Ibu Alfiah dengan 20 orang pembatik lainya. Karya motif batik yang dihasilkan terkesan sederhana dan tanpa adanya isen-isen batik, akan tetapi produsen batik Carica dengan tetap percaya diri untuk tetap memasarkan produknya kepada masyarakat Wonosobo.

Perkembangan selanjutnya batik Carica oleh para Mahasiswa Institut Seni Indonesia ditambahkan unsur Isen batik melalui pelatihan mendalam guna memperindah motif batik khas Wonosobo tersebut, sehingga motif batik Carica semakin dikenal di Wonosobo. Pemasaran batik Carica tidak cukup sampai di daerah Wonosobo saja tetapi mereka melebarkan sayap agar lebih dikenal di luar kota Wonosobo hingga Mancanegara seperti Korea dan Taiwan, oleh negara Taiwan akhirnya mereka mendapatkan pesanan untuk seragam sekolah.

Batik Carica semakin berkembang dengan berbagai ragam variasi motif dan corak dengan mengambil tema lingkungan sekitar atau Ikon daerah Wonosobo lainya. Proses pembuatan  batik cap dan printing yang sebelumnya kelompok Carica memproduksi batik tulis.

Motif Batik Abstrak Carica

Batik Carica adalah batik pertama yang cara membuatnya dengan cara di cap. Variasi tekstur garis yang tidak beraturan pada background batik Carica di namai batik abstrak Carica, background batik yang diberikan kesan retakan karena parafin yang digunakan sebagai untuk menutup warna berupa garis yang tidak beraturan inilah yang dimaksud batik abstrak Carica oleh kelompok Carica lestari. Jadi, pada tekstur background batik dan bukan pada motifnya pengertian batik abstrak walau bentuk motif beraturan.
Motif Batik Abstrak Carica, Makna, Sejarah dan Pembuatan Batik
Bentuk dasar motif batik Carica tidak terdapat perubahan, misalnya motif berbentuk buah Carica adalah motif yang terbentuk dari buah Carica seperti buah belimbing yang bersekat bentuknya berukuran kecil dari buah pepaya. Motif buah yang diterapkan pada batik abstrak Carica meniru bentuk asli buah atau bersifat naturalis.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel