Keunikan Motif Batik Seni Ragam Hias Batik Bekasi Jawa Barat

Keunikan Motif Batik Seni Ragam Hias Batik Bekasi Jawa Barat - Batik adalah kesenian yang telah ada dan dikenal bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala sebagai sebuah karya seni yang indah dan bermakna. Kegiatan seni membatik diwariskan secara turun temurun sebagai warisan budaya tak benda. Berdasarkan sejarah batik setelah zaman purbakala membatik mulai berkembang pada zaman keraton.

Keunikan Motif Batik Seni Ragam Hias Batik Bekasi Jawa Barat

Ketrampilan membatik banyak dijumpai di setiap daerah nusantara hal itu jika dirunut dari sejarahnya membatik berasal dari budaya keraton, karena memang budaya membatik awalnya hanya berada di lingkungan keraton saja dan dipakai oleh para kerabat keraton. Batik yang berasal dari keraton sarat akan makna yang terkandung di dalamnya.

Perkembangan zaman yang semakin modern mempengaruhi karya batik nusantara. Daerah - daerah penghasil batik menyesuaikan dengan perkembangan zaman baik dari segi motif maupun warna batik yang di produksi disetiap daerah.

Keindahan corak batik yang diciptakan merupakan sebuah cerminan kondisi alam, sosial dan budaya daerah setempat. Daerah penghasil batik nusantara yang sebagian besar mengangkat gambar  gambar ikon budaya adalah Batik Bekasi.

Bekasi juga dijuluki sebagai kota Patriot terletak di wilayah pinggiran DKI Jakarta dan berdekatan dengan dua wilayah Sunda dan Betawi. Hal itu tidak menutup kemungkinan adanya perpaduan budaya yang bersinergi satu sama lain salah satunya adalah kesenian batik Bekasi yang terinspirasi dari dua kebudayaan tersebut.

Seni batik Bekasi mengangkat kehidupan alam sekitar daerah setempat dan tidak menggunakan pola yang sama seperti pada ornamen batik pada umumnya, batik Betawi dirancang dengan menyisipkan gambar disekitar kehidupan masyarakat Bekasi. Apresiasi batik Bekasi dapat kita lihat pada elemen - elemen yang terdapat pada batik.

Terdapat lima pakem motif batik Bekasi yaitu : motif fauna, flora, sejarah, budaya dan terang. Ditinjau dari segi pewarnaan batik Bekasi memiliki berbagai varian warna.

Desain motif flora Bekasi secara umum terdapat gambar bentuk kecapi, bambu dan teratai. Sedangkan motif fauna  mengambil obyek binatang seperti ikan gabus, ikan sepat dan ikan betik.

Motif sejarah batik Bekasi adalah bentuk perjuangan masyarakat Betawi melawan penjajah.

Motif sejarah batik Betawi mengambil  obyek benda alam seperti bambu runcing, bendo, kali Bekasi dan motif bangunan Gedung Juang Tambun.

Motif Budaya batik Bekasi mengangkat seni budaya yang terdapat daerah setempat seperti tanjidor, dandang, tari topeng, legenda Rawa Tembaga dan permainan anak.

Motif Terang batik Bekasi  mengangkat warna - warna cerah contohnya hijau lumut, hijau daun dan tanah merah di Bekasi.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel