Ciri - Ciri Karya Seni Motif Batik dari Provinsi Bali

Ciri - Ciri Karya Seni Motif Batik dari Provinsi Bali  - Bali atau pulau Bali disebut juga dengan pulau dewata yang merupakan sebuah provinsi yang terletak di antara pulau Jawa dan pulau Lombok dengan mayoritas penduduknya beragama hindu. Pulau Bali terkenal dengan destinasi wisata yang beragam juga tradisinya yang tidak dijumpai didaerah lain, sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung.

Ciri - Ciri Karya Seni Motif Batik dari Provinsi Bali

Selain tempat pariwisata Bali juga terkenal dengan karya seni yang menjadi ciri khas kedaerahan. Jenis kesenian  di Bali meliputi seni ornamen seperti motif ukiuran, gamelan Bali dan seni tari tradisional seperti : Tari Margapati, Tari Rejang, Tari Kecak, Tari Pendet dll, yang sangat terkenal dan digemari oleh para wisatawan.

Batik Pulau Bali

Seni ornamen Bali mempunyai ciri corak khas yang diproduksi oleh warga lokal. Corak batik bermotif alam yang terdiri dari berbagai ragam motif dengan menggabungkan antara corak daerah setempat dengan corak dari luar daerah pulau Bali dan bahkan menggabungkan motif dari Cina.

Seni Batik merupakan salah satu karya seni yang terkenal dari daerah tersebut yang dalam proses pembuatanya dengan menggambar motif batik diatas kain yang menghasilkan karya seni yang indah.

Motif yang diciptakan terinspirasi dari alam seperti tumbuhan dan binatang, contohnya bunga kamboja, kembang sepatu, ikan dan burung. Batik tulis yang dihasilkan berciri kedaerahan.

Ciri - Ciri Karya seni Batik Pulau Bali :

  • Gambar aksen yang dihasilkan pada kain adalah hasil karya tangan sehingga tidak sama besar.
  • Kain untuk membatik menggunakan kain mori sehingga lebih berbobot.
  • Kombinasi atau menyatu antara motif tradisional dan modern.
  • Menggunakan pewarna alam menghasilkan aroma kain yang berbeda.
  • Pola atau motif batik yang tidak simetris walaupun bentuknya sama.
  • Motif batik lebih didominasi kisah para Dewa atau budaya Bali.
Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel