Motif Pancaniti Corak Ragam Hias Kain Batik Provinsi Banten

Motif  Pancaniti Corak Ragam Hias Kain Batik Provinsi Banten - Motif batik Pancaniti merupakan motif yang diproduksi oleh para seniman dan pengrajin daerah Banten sejak ditemukanya benda - benda kuno atau artefak dengan hiasan motif. Hiasan motif pada benda kuno ditransformasikan  pada kain batik yang kemudian menjadi sebuah karya seni batik Pancaniti.

Motif  Pancaniti Corak Ragam Hias Kain Batik Provinsi Banten

Penemuan para arkeolog terhadap benda kuno peninggalan zaman kesultanan Banten sebagai awal seni membatik mulai diproduksi walau membatik telah dikenal sejak abad ke 17 dan menghilang setelah berakhirnya keraton Banten.

Motif - motif batik mulai diproduksi pada tahun 2002 silam dengan mengusung motif ragam hias yang terdapat pada benda kuno berupa gerabah dan keramik kuno pada peninggalan keraton Banten. Motif batik yang telah diproduksi menjadi sebuah kesenian daerah dengan ciri dan corak kedaerahan dengan berbagai ragam makna filosofis.

Motif Pancaniti adalah salah satu motif dari dua belas motif yang telah di patenkan UNESCO. Motif Pancaniti berbentuk belah ketupat yang dibingkai bentuk bunga menyerupai bentuk bunga matahari.

Desain bentuk bunga matahari segi delapan dengan ornamen daun dan sulur juga ranting sebagai motif dasar booh. Perkembangan atau variasi warna dengan motif dasar biru, warna abu - abu dan biru pada motif bunga matahari, warna merah digunakan pada ornamen daun sulur yang berwarna biru.

Pancaniti adalah sebuah nama sebuah ruang keraton atau tempat raja melihat prajurit berlatih. Pemberian nama motif yang mengambil dari nama ruang lainya adalah motif Pasepen. Pemberian nama ruang, desa, nama bangunan dan gelar bangsawan adalah satu ciri dari motif batik Banten.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel