Motif Batik dan Bentuk Batik Kapurban Provinsi Banten

Motif Batik dan Bentuk Batik Kapurban Provinsi Banten - Batik daerah Banten adalah karya seni yang sangat khas dan menjadi ciri khas kesenian lokal daerah Banten. Karya  batik Banten mempunyai berbagai ragam motif yang berasal dari motif pada zaman Kesultanan Banten.

Motif Batik dan Bentuk Batik Kapurban Provinsi Banten

Seperti benda - benda kuno peninggalan pada zaman kerajaan terdapat banyak ragam motif yang hingga kini tetap didesain pada kain motif batik, hingga menjadi ragam hias yang terkenal sampai negara mancanegara.

Ciri motif kain batik Banten terutama pada motif yang menceritakan sejarah. Motif batik yang terdapat pada benda - benda kuno (artefak) yang diciptakan oleh para seniman pada zaman dahulu adalah sebuah karya seni yang bernilai tinggi.

Motif batik Banten juga bercirikan pada nama - nama motif yang mengambil dari nama gelar pangeran. Motif Batik Kapurban adalah nama gelar Pangeran Banten yaitu Pangeran Purba.

Sedangkan nama motif batik yang mengambil dari gelar pangeran lainya seperti motif Sabakingking, Kawangsan dan lain sebagainya.

Motif Batik Kapurban nama gelar Pangeran berbentuk :

- Ketupat dengan hiasan berupa bunga
- Variasi motif berupa pigura berbentuk spiral dan booh segitiga berbentuk bunga
- Warna pada pinggiran motif dasar menggunakan warna hitam dan jingga dan warna hitam pada booh.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel