Motif Batik Sabakingking Banten dan Nama - Nama Motif Gelar

Motif Batik Sabakingking Banten dan Nama - Nama Motif Gelar - Banten adalah sebuah provinsi yang terletak diujung pulau Jawa yang kaya akan berbagai motif ragam hias batik. Ragam hias yang ditemukan kurang lebihnya 75 jenis ragam hias da n 12 motif yang telah dipatenkan dan di patenkan menjadi motif daerah Banten.
Motif Batik Sabakingking Banten dan Nama - Nama Motif Gelar
Motif yang didesain pada kain batik adalah motif yang telah ada sejak zaman kerajaan Banten. Baca : Asal Mula Motif Batik Kebanggaan Masyarakat Banten.

Salah satu motif Banten yang terkenal adalah motif batik Sabakingking. Motif tersebut diambil dari gelar raja.

Desain Motif  Batik Sabakingking

Motif atau ragam hias Sabakingking tidak terlepas ciri - ciri motif batik Banten. Motif Sabakingking terdiri dari 3 warna, yaitu didesain dengan warna dasar coklat dan warna biru pada motif daun yang berbentuk persegi empat. Sedangkan Warna dasar kain berwarna krem dan booh.

Nama gelar yang digunakan untuk nama motif batik Banten, yaitu :
  • Sabakingking (gelar dari Sultan Maulana Hasanudin)
  • Kawangsan (nama gelar yang diberikan kepada Pangeran Wangsa dalam penyebaran agama Islam)
  • Kapurban (nama gelar yang diberikan kepada pangeran Purba dalam penyebaran agama Islam)
  • Mandalikan (berhubungan dengan Pangeran Mandalika)
Demikian artikel ulasan seputar karya seni batik yang berasal dari daerah Banten yang menjadi kebanggaan masyarakat Banten pada umumnya. Keunikan corak pada motif Batik Banten merupakan sebuah gambaran nilai - nilai budaya yang ada pada daerah Banten. Semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan seputar karya seni batik yang ada di daerah Banten dengan keunikan dan niali seni yang ada pada motif batik. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel