Motif Ragam Hias Batik Nitik Kembang Kenanga Bantul Yogyakarta dan Makna Motif

Motif Ragam Hias Batik Nitik Kembang Kenanga Bantul Yogyakarta dan Makna Motif - Motif Batik Nitik Kembang Kenanga sebuah karya seni kerajinan batik daerah yang berasal dari daerah Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Motif batik Nitik adalah salah satu dari motif batik dari beberapa motif batik Bantul yang berciri kedaerahan.

Motif Ragam Hias Batik Nitik Kembang Kenanga Bantul Yogyakarta dan Makna Motif

Keahlian membatik di daerah Bantul telah dikenal sejak abad ke 16 dan terus berkembang dan berinovasi sesuai dengan kemajuan zaman. Banyak karya atau jenis motif batik yang telah diciptakan oleh para seniman pembatik dari daerah Bantul.

Keunikan yang terdapat pada motif batik adalah sebuah kreativitas seorang pembatik dengan mengembangkan motif tradisional maupun ekspresi dari seorang seniman yang menghasilkan motif batik modern.  Motif batik Nitik Kembang Kenanga adalah motif batik tradisional asli Bantul Yogyakarta.

Pembuatan motif batik secara tradisional banyak terinspirasi  dari bentuk - bentuk alam benda, tumbuhan, binatang dan apa yang tampak menjadi sebuah motif batik.

Penamaan motif Nitik Kembang Kenanga bila dilihat dari segi bahasa jawa "kembang kenanga" berarti bunga kenanga. Menurut saya sendiri  terdapat kemungkinan motif batik kembang kenanga adalah terinspirasi dari bentuk dan keindahan bunga kenanga.

Corak motif pada motif nitik kembang kenanga merupakan motif yang sederhana. Bentuk motif kembang kenanga terdiri dari titik kecil dan besar yang membentuk pola geometris, bentuk bunga, bentuk daun, bentuk sulur dan garis memanjang.

Pendapat lain mengungkapkan bentuk ragam hias atau motif hias batik nitik kembang kenanga hampir menyerupai motif kawung tetapi pada motif nitik kembang kenanga terdapat bentuk ornamen cacah gori pada irisan lingkaran.

Pewarnaan motif nitik kembang kenanga didominasi warna hitam dan pada zaman dahulu motif ini kain batik yang pantas dipakai orang tua terutama kaum Ibu. Makna yang terkandung pada motif nitik kembang kenanga yang sederhana tersebut bermakna memberikan kehormatan kepada seorang Ibu serta harapan seorang Ibu yang berjiwa sederhana.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel