Motif Batik, Pembuatan Motif dan Macam Motif Hias Batik di Bantul Yogyakarta

Motif Batik, Pembuatan Motif dan Macam Motif Hias Batik di Bantul Yogyakarta - Batik diproduksi hampir disetiap daerah nusantara dengan keunikanya sendiri - sendiri. Keindahan pada kain batik memberikan apresiasi tersendiri bagi penggemar batik dari daerah lokal maupun mancanegara.

Motif Batik, Pembuatan Motif dan Macam Motif Hias Batik di Bantul Yogyakarta

Karya seni batik di Indonesia telah dikenal sejak zaman purbakala dengan berbagai makna, simbol yang terdapat pada corak motif batik misalnya kalau motif batik di Jawa seperti batik kawung, motif batik parang dan lain sebagainya. Motif batik daerah Aceh misalnya motif pinto Aceh, motif  bungong jeumpa dan lain sebagainya.

Pembuatan motif batik daerah dibuat  dari berbagai macam sumber yang dibuat oleh para seniman pengrajin batik sesuai pada zamanya. Corak motif atau ornamen batik yang dibuat pada kain batik berasal dari ide kreativitas seniman tetapi pada motif batik tradisional sebagian besar mengambil dari alam dan benda - benda alam, flora dan fauna dan motif batik abstrak contoh batik abstrak Carica. Walaupun pengrajin batik mengambil obyek yang sama tetapi menghasikan corak yang berbeda - beda dan makna yang berbeda pula disetiap daerah. 

Macam Motif Batik Bantul

Bantul daerah terdapat di daerah Yogyakarta  salah satu daerah penghasil batik dengan berbagai macam ragam motif. Motif - motif yang terdapat di daerah Bantul mulai dari motif tradisional hingga motif modern.

Pembuatan motif batik yang terdapat di daerah Bantul terbagi menjadi dua kelompok besar :
  • Pembuatan batik yang mengembangkan dari motif tradisional dengan bubuhan inovasi seniman dan menghasilkan sebuah motif yang benar - benar baru sebagai hasil akhirnya. Jenis motif yang termasuk asli motif batik Bantul yaitu :
  • Pembuatan motif batik batik buah karya seniman pembatik daerah Bantul dan merupakan motif batik asli yang dibuat oleh masyarakat Bantul. Berikut ini beberapa contoh motif batik yang diproduksi oleh masyarakat Bantul dari banyaknya jenis motif batik yang diproduksi.
Jenis - jenis motif

- Motif Batik Naga Kuluk
- Motif Batik Laba-Laba
- Motif Ketepeng Kebo
- Motif Binatang Laut

Demikian ulasan Motif Batik, Pembuatan Motif dan Macam Motif Hias Batik di Bantul Yogyakarta. Dapatkan ulasan seputar kesenian motif batik daerah yang terdapat di Indonesia juga ulasan seni budaya tradisional maupun modern dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel