Keunikan Makna Ragam Hias Batik Bali Motif Pisan Bali

Keunikan Makna Ragam Hias Batik Bali Motif Pisan Bali - Batik Pisan Bali merupakan batik yang berasal dari pulau Bali dengan corak dan motif batik yang unik dan sering digunakan dalam berbagai keperluan adat Bali. Kain batik yang dibuat oleh pengrajin Bali adalah sebuah warisan budaya yang telah ada sejak zaman dahulu kala. 

Keunikan Makna Ragam Hias Batik Bali Motif Pisan Bali

Pelopor batik dari daerah Bali adalah Pande Ketut Krisna yang berasal dari Sukawati Gianyar Bali pada tahun 1970 an pada masa itu alat yang digunakan untuk membatik masih berupa alat tenun manual dan bukan alat tenun bukan mesin.

Bali juga dikenal dengan masyarakat yang religius yang tidak terlepas dari keberadaan kain batik yang digunakan untuk ikat kepala dan kain batik yang diikatkan pada bagian pinggang. Istilah kain batik yang diikatkan pada bagian kepala dikenal dengan udeng.

Perkembangan batik Bali selanjutnya tidak lagi untuk ikat kepala saja melainkan berkembang dalam bentuk souvenir atau barang - barang unik yang biasa dikoleksi dan dimiliki siapa saja. Keindahan dan keunikan pada batik di Bali merupakan sebuah karya seni dibuat dengan tataran kreativitas tertentu sehingga tidak sedikit para wisatawan mengoleksi batik tersebut.

Industri batik di daerah Bali semakin berkembang seiring terkenalnya karya batik dengan menambah motif batik yang cenderung baru dan abstrak seperti motif awan dan relief candi wayang beber yang dijadikan koleksi dan oleh - oleh wisatawan domestik maupun luar negeri yang berkunjung ke pulau dengan julukan pulau dewata tersebut. Walau begitu motif batik Bali memiliki sarat makna dalam kepercayaan masyarakat setempat.

Makna yang terkandung pada batik Pisan Bali agar orang yang diberi kain batik ini biasanya seorang kekasih yang bepergian jauh agar kembali lagi. Selain makna tersebut batik Pisan Bali adalah lambang suatu harapan, doa dan keselamatan.

Adapun pendapat kalau motif pisan Bali merupakan stilasi dari motif Pisang Bali yang bermakna seperti yang telah dijelaskan. Tetapi menurut literatur motif Pisan Bali merupakan motif yang berasal dari pahatan batu - batu yang terdapat di candi - candi Jawa pada abad ke 9.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel