Macam Keunikan Makna Corak Motif Batik Pulau Dewata Bali

Macam Keunikan Makna Corak Motif Batik Pulau Dewata Bali - Kesenian batik merupakan jenis kesenian tradisional yang telah ada sejak dahulu yang merupakan warisan budaya  Indonesia. Seni membatik identik dengan seni di pulau Jawa yang telah menyebar keseluruh kepulauan nusantara.

Macam Keunikan Makna Corak Motif Batik Pulau Dewata Bali

Karya kerajinan membatik kini telah berkembang dilihat dari berbagai corak dan motif batik. Batik yang dihasilkan oleh para seniman atau pengrajin batik mempunyai daya pikat terhadap para penggemar batik baik dari Indonesia maupun penggemar batik dari mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Pulau Bali merupakan daerah provinsi yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati suasana alam atau berbagai tempat wisata juga kesenian lokal yang beragam. Seni kerajinan yang ada di Bali salah satunya adalah karya seni batik Bali.

Batik dari daerah Bali yang terkenal adalah batik tulis yang diproduksi oleh para seniman setempat. Motif batik yang dihasilkan oleh para pengrajin batik semakin beragam dan semakin berkembang yang menambah kekayaan makna batik dan corak motif batik dengan tidak menghilangkan ciri motif batik daerah Bali.

Macam Motif Batik Bali dan Maknanya :

  • Batik Bali Ulamsari Mas
Batik Ulam Sari menggambarkan mata pencaharian masyarakat setempat yang bekerja sebagai nelayan, desain motif gambar ikan dan udang. Jenis motif  Ulam sari Mas merupakan salah satu jenis motif yang terkenal dan bermakna kesejahteraan yang hidup di pesisir pantai.

  • Batik Pisan Bali / Jagatan Pisang
Motif batik ini lebih dikenal dengan motif batik pisang Bali yang dimaknai harapan atau do'a keselamatan terhadap pasangan yang bepergian dan kembali dengan selamat.


  • Motif Batik Buketan
Nama buketan berasal dari bahasa Perancis Bouqet atau rangkaian bunga. Bentuk motif batik buketan berupa motif flora dan fauna.

  • Batik Bali Singa Barong
Motif batik Singa Barong menggambarkan suatu mitos didesain berupa makhluk yang diyakini masyarakat Bali. Makna batik Singa barong keajaiban, kekuatan dan keperkasaan.


  • Batik Bali Merak Abyorhokokai
Motif Batik Abyorhokokai adalah keindahan yang terdapat pada burung merak yang bermakna keindahan pulau dewata.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel