Budaya Daerah Bali Seni Ragam Hias Batik Motif Buketan

Budaya Daerah Bali Seni Ragam Hias Batik Motif Buketan - Bali dikenal sebagai pulau yang kaya dengan tempat wisata yang menakjubkan. Selain Keindahan alam pulau Bali yang menjadi daya tarik para wisatawan juga banyak kita jumpai keindahan - keindahan ornamen Bali yang mengandung berbagai makna simbolis maupun filosofis.

Budaya Daerah Bali Seni Ragam Hias Batik Motif Buketan

Ornamen Bali  tidak terlepas dari unsur - unsur religius yang terdapat di daerah tersebut. Ornamen yang diciptakan sangat beragam dengan nilai keindahan yang beragam pula. Ornamen yang terdapat di Bali yaitu : Ornamen Keketusan, Ornamen Pepatran dan Ornamen Kekarangan. Ornamen - ornamen tersebut menghiasi hampir setiap bangunan yang berada di Bali.

Ornamen Bali yang didesain pada bangunan adalah salah satu jenis kesenian yang banyak di pelajari oleh para seniman yang berkunjung ke daerah yang di juluki Pulau Dewata tersebut. Seni Ragam hias ornamen lain yang berada di Bali selain pada bangunan yaitu motif batik Bali.

Batik Bali dikenal sejak zaman 1970 an yang berawal dari suatu daerah Kecamatan yang berada di Bali tepatnya di kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali dan dipelopori oleh Pande Ketut Krisna.

Di runut dari sejarah dan perkembangan batik nusantara seni batik Bali masih dibilang muda. Walau masih terbilang muda perkembangan industri batik semakin signifikan motif - motif batik yang diciptakan berupa motif lokal Bali semakin mudah dibuat oleh para seniman batik  dengan mengangkat budaya lokal dan kondisi alam wisata Bali. Motif batik yang telah diciptakan biasanya dipakai dalam proses upacara adat Bali.

Dari segi kualitas batik yang berasal dari daerah Bali bermutu tinggi. Pembuatan batik dengan cara menggambar langsung pada kain batik, sedangkan dari segi pewarnaan batik Bali menggunakan bahan pewarna alam. Batik Bali semakin indah digabungkan dengan desain motif batik khas daerah Bali.

Motif Buketan merupakan salah satu motif batik yang berasal dari Bali. Motif buketan didesain sedemikian rupa yang disusun sepanjang lebar kain batik yang berupa gambar motif bunga dan tumbuhan yang berukuran kecil.

Hiasan - hiasan pada motif buketan ditambahkan berupa burung hong, kupu - kupu, burung bangau dan selulur sehingga batik buketan semakin terlihat indah dan bernilai artistik.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel