Keunikan Seni Ragam Hias Batik Tulis Motif Daun Lombokan

Keunikan Seni Ragam Hias Batik Tulis Motif Daun Lombokan - Motif batik tidak berhenti pada motif yang ada tetapi terus dalam perkembangan industri batik banyak dibuat motif batik baru. Pembuatan motif batik dilakukan dengan berbagai ragam cara ada yang mengembangkan batik yang sudah ada seperti yang dilakukan pembatik Yogyakarta dalam pembuatan motif batik, ada juga pengembangan bentuk motif yang memanfaatkan potensi alam dan banyak lagi teknik pembuatan motif batik.

Keunikan Seni Ragam Hias Batik Tulis Motif Daun Lombokan

Motif batik tulis daun Lombokan adalah salah satu motif batik yang memanfaatkan satu obyek benda alam yang dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi kain yang bernilai indah dan bermakna.

Batik tulis motif daun lombokan berbeda dengan motif batik lombok kecil yang diproduksi seni kerajinan batik di Kebon Indah Klaten Jawa Tengah. Motif batik terdiri dari dua bentuk daun yaitu daun lombok besar dan daun lombok kecil. Bentuk kedua daun menginspirasi pembuatan motif daun lombokan.

Gambar motif daun lombokan ,merupakan gabungan daun lombok rawit dan daun lombok hijau/ besar. Motif  utama daun lombok besar digambar dengan bentuk garis zig zag dengan lima helai dalam satu tangkai. Sedangkan  daun lombok kecil digambar terdiri dari tiga helai daun dalam satu tangkai dan bentuk lingkaran pada pangkal dari ketiga helai daun.

Motif penunjang motif daun lombokan berupa garis lengkung dan bentuk bulatan - bulatan pada satu tangkai sehingga secara visual terkesan luwes dan indah. Motif penunjang lainya adalah gabungan garis lengkung yang membentuk kupu - kupu. Susunan teratur berupa titik - titik  juga berfungsi sebagai motif penunjang selain motif penunjang garis lengkung.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel