Motif Sido Arum Ragam Hias Batik Jepara

Motif Sido Arum Ragam Hias Batik Jepara - Ragam hias batik sebagai warisan budaya daerah dan nasional hingga kini tetap dilestarikan di berbagai daerah nusantara.  Daerah penghasil batik di Jawa Tengah salah satunya adalah batik Jepara.

Keunikan Batik dan Makna Sido Arum Ragam Hias Batik Jepara

Batik Jepara yang kini berkembang adalah karya pembatik perorangan di yang terdapat di dua desa yaitu desa Panggang dan desa Troso. Jenis karya seni yang berkembang di daerah Troso adalah seni kerajinan tenun ikat. 

Budaya pembuatan kain tenun ikat di desa Troso digunakan sebagai bahan dasar kain yang nantinya menjadi sebuah kain batik Jepara yang indah dan berciri kedaerahan. Di desa Troso selain masyarakatnya sebagai pembuat tenun ikat juga memproduksi batik.

Batik khas Jepara adalah karya seni kerajinan dengan motif khas daerah setempat. Batik bercorak khas Jepara menurut informasi yang beredar di produksi tidak di Jepara melainkan di Pekalongan untuk proses pembuatanya, sehingga tidak mengherankan corak batik yang dihasilkan menyerupai batik Pekalongan juga dari segi pewarnaan batik.

Keunikan batik pada batik Troso tidak dijumpai pada batik daerah lainya. Batik Troso adalah seni hasil kolaborasi antara kain tenun ikat dengan motif batik yang berasal dari Jepara yang berasal dari motif ukiran kayu khas Jepara.

Selain tenun ikat di desa Troso terdapat pembuatan batik dengan teknik cap dan sablon. Motif sido arum merupakan salah satu jenis motif khas Jepara yang diproduksi di daerah tersebut.

Pembuatan motif batik Sido Arum Jepara tidak terlepas dari motif - motif batik klasik  contohnya motif batik Sido Pangkat, Sido mukti dan motif sejenisnya.  Makna yang terkandung pada motif - motif klasik tersebut sangat erat hubunganya dengan kehidupan masyarakat yaitu berisi pesan agar derajat dan pangkat bermanfaat bagi kehidupan.

Demikian ulasan seputar karya seni batik Motif Sido Arum Ragam Hias Batik Jepara . Dapatkan juga ulasan karya seni batik yang berasal dari Jepara dan ulasan berbagai jenis karya seni tradisional maupun modern yang berkembang di Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel