Motif Lung Lungan Ragam Hias Batik Jepara

Motif Lung Lungan Ragam Hias Batik Jepara - Jepara merupakan tempat atau daerah Kabupaten yang terletak di sebelah utara pulau Jawa. Jepara juga dikenal dengan Julukan sebagai kota ukir karena memang motif ukiran kayu Jepara yang indah dan terkenal hingga berbagai negara.

Motif Lung Lungan Ragam Hias Batik Jepara

Batik Jepara dengan motif batik yang indah dikenal dengan batik Kartini selain sebagai tempat kelahiran beliau R.A. Kartini juga dikenal sebagai perancang batik dan karya beliau dikenal di negeri Belanda. Perkembangan batik Jepara dikenal pada zaman R.A.Kartini melalui ketrampilan membatik yang dimilikinya telah diajarkan kepada masyarakat setempat.

Motif batik yang bekembang di Jepara mengadopsi motif ukiran seni ukir kayu Jepara. Hal itu sebagai pelestarian budaya agar lebih kokoh terkait dengan budaya ragam hias yang terdapat di Jepara yang tertuang ke dalam karya seni yang saling berhubungan satu sama lain.

Motif Lung- Lungan adalah salah satu dari beberapa motif batik Jepara. Motif batik Jepara yaitu : motif Lung Bimo Kurdo, Motif batik Sido Arum dan sebagainya. Motif Lung -lungan Jepara merupakan terjemahan dari relief ukiran khas Jepara, menurut informasi ukiran khas daerah Senenan.

Ragam hias atau motif batik Lung - Lungan juga diajarkan kepada para pelajar sebagai upaya untuk pengenalan batik dan memperluas pengalaman tentang batik daerah.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel