Keunikan, Makna Motif Batik Wadasan Seni Ragam Hias Batik Cirebon

Keunikan, Makna Motif Batik Wadasan Seni Ragam Hias Batik Cirebon - Cirebon adalah suatu daerah yang terletak Provinsi Jawa barat yang dikenal dengan sebutan nama kota Udang dan kota wali dan juga disebut dengan Caruban Nagari. Cirebon terletak didaerah pesisir pulau Jawa .

Keunikan, Makna Motif Batik Wadasan Seni Ragam Hias Batik Cirebon

Selain dikenal dengan kelezatan makanan khas daerah dan tempat wisata Cirebon juga terkenal dengan kesenian batik. Batik yang paling terkenal dari daerah tersebut adalah batik motif batik megamendung yang menjadi ikon budaya daerah Cirebon.

Kesenian batik daerah Cirebon memiliki sejarah yang panjang. Salah motif batik yang memiliki sejarah yang panjang adalah batik motif Wadasan. Motif batik wadasan merupakan motif yang berasal dari daerah Ciirebon. Wadasan berasal dari bahasa setempat yang digunakan untuk menyebut batu wadas atau batu karang.

Gambar motif batik Wadasan Cirebon diambil dari benda - benda alam sekitar yaitu batu Wadas yang diaplikasikan kedalam kain batik yang digabung dengan unsur - unsur keindahan dan pewarnan tertentu sehingga membentuk sebuah karya seni batik motif Wadasan.

Terdapat beberapa penjelasan tentang sejarah batik motif Wadasan Cirebon. Berikut ini Menurut :

Permadi (2017) menjelaskan bahwa motif wadasan sudah ada  pada  masa  Pangeran  Cakra  Buwana  yaitu pendiri  Cirebon  pada  abad  ke-15. Beliau mendirikan Istana Dalem Agung Pakungwati sepulangnya dari perjalanan Haji.

Pemberian nama Istana Dalem Agung Pakungwati berasal dari nama putrinya yaitu Putri Pakungwati. Taman Kanya Putri dan gua Sirna Raga yang terdapat di Istana Dalem Agung Pakungwati merupakan bukti fisik dari motif Wadasan Cirebon. Taman di Istana Dalem Agung Pakungwati dibangun dengan batu karang sebagai material  dekoratif taman sebelum dijadikan motif batik Wadasan. Pengaplikasian Motif Wadasan diterapkan lingkungan keraton Cirebon misalnya pada bangunan kraton dan benda kraton.Baca Batik motif Singa payungCirebon.

Ilmi (2012, 15) menjelaskan motif batik Wadasan sebelum abad ke 18 sebagai simbol status kebangsawanan Keraton Cirebon serta unsur simbolik yang ditunjukan pada makam keluarga sultan, kereta kerajaan dan kain batik kerajaan.

Adapun  makna motif batik Wadasan yaitu mengacu pada filosofi spiritual atau keagamaan. Batu karang sebagai material alam bermakna kekuatan. Sedangkan posisi bentuk batu karang yang vertikal menghadap keatas menunjukan hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
Keunikan, Makna Motif Batik Wadasan Seni Ragam Hias Batik Cirebon

Terdapat kesamaan bentuk antara motif wadasan dengan motif megamendung tetapi terdapat pula perbedaan dari segi posisi yaitu posisi wadasan berbentuk vertikal dan motif megamendung dengan posisi horizontal. Kedua motif tersebut juga memiliki perbedaan makna dan filosofi.

Dalam perkembanganya motif batik Wadasan dan motif megamendung tidak sebatas pada kain batik saja tetapi kini motif wadasan diaplikasikan pada karya - karya seni modern seperti banner, tiang nama jalan di Cirebon dan spanduk promosi. Sedangkan perkembangan motif  batik Cirebon kini menyesuaikan perkembangan zaman dibuat untuk berbagai kalangan.

Demikian ulasan seputar Keunikan, Makna Motif Batik Wadasan Seni Ragam Hias Batik Cirebon. Dapatkan ulasan menarik lainya seputar kesenian yang terdapat di Cirebon dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel