Ornamen Ragam Hias Batik Cirebon Motif Byur

Ornamen Ragam Hias Batik Cirebon Motif Byur - Batik Byur merupakan seni kerajinan batik yang berasal dari Cirebon dan termasuk lima jenis ornamen batik khas daerah Cirebon. Adapun sejarah yang membentuk batik dan daerah Cirebon.
Ornamen Ragam Hias Batik Cirebon Motif Byur

Menurut sejarah ornamen batik Cirebon bermula dari ke Gede Trusmi seorang pengikut Setia Gunung Jati dan mengajarkan membatik dan sembari dakwah islam.

Atas jasa beliau yang memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat Cirebon hingga kini setiap tahun diadakan upacara ritual yang disebut upacara Ubah Wilet (atap rumput dan Upacara Ubah Sirap.

Seiring dengan perkembanganya  batik Cirebon mulai muncul berbagai jenis ragam motif batik yang dikenal hingga berbagai negara didunia. Salah satu batik Cirebon yang terkenal adalah motif batik Megamendung Cirebon.

Batik Cirebon dikenal juga sebagai batik Pesisiran. Salah satu batik yang menarik yang berasal dari Cirebon adalah ornamen motif Byur. Terdapat ciri khusus dari motif Byur yaitu ornamen bunga dan dedaunan kecil yang mengelilingi ornamen utama.

Batik yang termasuk dalam ornamen motif batik Byur Cirebon adalah :

- motif batik karang jahe
- motif batik mawar Sepasang
- motif batik Dara Tarung
- motif batik banyak angrem dan sebagainya.

Demikian ulasan seputar motif batik Ornamen Ragam Hias Batik Cirebon Motif Byur. Dapatkan ulasan menarik lainya seputar kesenian kesenian yang berasal dari Cirebon dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel