Makna Motif Durian Pecah Seni Ragam Hias Batik Jambi

Makna Motif Durian Pecah Seni Ragam Hias Batik Jambi - Jambi merupakan daerah penghasil batik yang terdiri dari anekaragam motif batik. Keragaman motif batik Jambi juga merupakan suatu wujud pelestarian budaya batik sebagai warisan budaya dan menjadi kebanggaan Indonesia.

Batik merupakan karya seni daerah yang mencerminkan alam, dan budaya masyarakat Indonesia  yang telah diakui dunia sebagai warisan budaya Indonesia sehingga Setiap tanggal 2 oktober diperingati hari batik nasional.

Makna Motif Durian Pecah Seni Ragam Hias Batik Jambi

Kain batik yang paling terkenal adalah batik yang berasal dari pulau Jawa seperti daerah Pekalongan, Yogyakarta dan Surakarta. Walau tidak terkenal seperti batik yang berasal dari pulau Jawa, batik Jambi adalah sebagai karya seni daerah dengan berbagai ragam motif yang memiliki ciri khas tersendiri dan makna batik yang tidak terlepas dari kehidupan.

Motif Batik Durian Pecah


Batik motif durian pecah merupakan salah satu motif batik yang berasal dari daerah Jambi. Motif Durian pecah berupa penuangan bentuk pada kain batik yang menggambarkan buah durian yang terbelah menjadi dua bagian dengan unsur keindahan yang terdapat pada motif tersebut.

Makna Motif Durian Pecah Seni Ragam Hias Batik Jambi

Pada motif durian pecah mencirikan sebagian besar batik Jambi pada umumnya motif batik Jambi berdiri sendiri tidak berangkai dan merangkai. Motif batik disusun dengan pengulangan motif yang memenuhi selembar kain batik. Bidang kosong di berikan isen - isen berupa titik - titik halus.

Selain bentuk ornamen batik yang menggambarkan alam setempat, adapun beberapa makna yang terkandung pada motif durian pecah diantaranya :

-  Makna durian pecah bahwa makna kulit durian yang berkulit kasar dan tajam terdapat isi yang halus, lembut dan lunak.

Motif durian pecah digambarkan dua bagian kulit yang terbelah tetapi kulit durian masih menempel pada tangkainya.

Makna dari dua bagian kulit yang terbelah yaitu :

- Makna belahan pertama menggambarkan pondasi iman dan takwa.
- Makna belahan kedua ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dari uraian tersebut maka disimpulkan segala pekerjaan harus dilandasi dengan iman dan takwa sebagai pondasi dan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal.

Demikian ulasan keunikan Makna Motif Durian Pecah Seni Ragam Hias Batik Jambi. Semoga dapat menambah pengetahuan senibudaya daerah. Dapatkan juga ulasan menarik seputar kesenian daerah asal Jambi dan nilai yang terkandung didalamnya dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel