Aneka Ragam Motif Batik dan Ciri Ragam Hias Batik Jambi

Aneka Ragam Motif Batik dan Ciri Ragam Hias Batik Jambi  - Jambi merupakan daerah provinsi yang terletak di pesisir bagian tengah pulau Sumatera. Dari daerah tersebut terdapat berbagai macam ragam ornamen motif batik yang menjadi ciri khas daerah Jambi.

Keunikan dan keindahan batik Jambi tidak terlepas dari alam, budaya daerah setempat yang berciri kedaerahan. Ciri - ciri batik Jambi yaitu banyaknya ruang kosong pada kain batik. Hal itu merupakan budaya batik Jambi yang motif - motif batik Jambi tidak berangkai dan merangkai, sehingga motif batik Jambi merupakan motif yang berdiri sendiri.

Aneka Ragam Motif Batik dan Ciri Ragam Hias Batik Jambi

Keunikan dan keindahan batik Jambi tampak secara visual sebagai seni kerajinan daerah yang mencerminkan keadaan alam sekitar melalui selembar kain batik dengan berbagai motif.

Berikut ini beberapa jenis motif batik Jambi diantaranya :

- Riang-riang
- Durian Pecah
- Kepiting Jambi
- Biji Timun Jambi
- Tampuk Manggis
- Kapal Sanggat
- Kaca Piring
- Kuao Berhias
- Bungo Cendawan
- Bungo Keladi,
dan lain sebagainya.

Motif- motif batik tersebut lebih banyak menggambarkan ragam hias berupa benda - benda alam seperti bentuk ornamen dedaunan, bunga dan bagian tumbuhan lainya. Hal itu menunjukan kepedulian masyarakat melayu Jambi terhadap lingkungan setempat dan pelestarian batik sebagai warisan budaya nusantara dalam kategori warisan budaya tak benda.

Demikian ulasan artikel Aneka Ragam Motif Batik dan Ciri Ragam Hias Batik Jambi . Dapatkan ulasan seputar kesenian daerah yang berasal dari Jambi dengan mengakses Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel