Unsur Ornamen Hias Batik Kembang Suket Motif Kembang Gunda Indramayu

Unsur Ornamen Hias Batik Kembang Suket Motif Kembang Gunda Indramayu - Ornamen batik Kembang Suket terdiri dari berbagai macam ragam motif yang mengisi pada bidang kain yang memberikan nilai indah pada kain batik. Motif batik Kembang Suket juga merupakan batik daerah Indramayu yang telah dipatenkan.

Motif yang tampak pada kain batik Kembang Suket merupakan  sebuah penuangan bentuk - bentuk alam benda seperti halnya tumbuhan yang tumbuh di pekarangan sekitar rumah.

Unsur Ornamen Hias Batik Kembang Suket Motif Kembang Gunda Indramayu

Seperti pada penamaan pada batik "Kembang Suket" diambil dari motif batik yang paling menonjol selain motif - motif batik kembang suket lainya. Keunikan yang timbul pada batik kembang suket tidak serta merta hanya mengandalkan satu motif saja melainkan didukung oleh berbagai unsur hias motif lainya.

Salah satu Unsur hias atau motif tambahan pada batik kembang suket adalah Motif Kembang Gunda. Kembang gunda merupakan tanaman liar yang tumbuh di rawa - rawa di wilayah Indramayu yang sering dikonsumsi oleh penduduk setempat sebagai lauk dibuat urap atau makanan khas Indramayu.

Oleh seniman batik Indramayu ornamen kembang gunda pada batik kembang suket adalah sebuah wujud kepedulian terhadap lingkungan dan wujud pelestarian terhadap seni budaya lokal khususnya pada seni batik.

Pada setiap unsur motif batik kembang Suket secara visual memiliki komposisi dan ukuran yang sama. Sedangkan motif kembang gunda pada setiap motifnya berukuran 3,5 cm x 3,5 cm.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel