Unsur Ragam Hias Batik Kembang Suket Indramayu Motif Kembang Tanjung

Unsur Ragam Hias Batik Kembang Suket Indramayu Motif Kembang Tanjung - Kembang tanjung sejenis tumbuhan liar yang pada zaman dahulu sering dijumpai disekitar pekarangan rumah penduduk di wilayah Indramayu Jawa barat. Motif kembang tanjung merupakan motif batik yang terinspirasi dari benda alam sekitar.

Tanaman tersebut terdiri dari empat kelopak dengan bentuk daun yang lancip - lancip dan meruncing. Secara visual kembang tanjung memiliki keunikan tersendiri dari segi bentuk sehingga kembang tanjung diaplikasikan dalam bentuk motif pada batik Kembang Suket Indramayu.
Unsur Ragam Hias Batik Kembang Suket Indramayu Motif Kembang Tanjung

Kembang tanjung adalah salah satu motif dari beberapa jenis motif penghias lainya pada batik Kembang suket. Motif - motif  penghias selain kembang tanjung adalah motif kembang gunda.

Motif penghias pada umumnya disusun secara berulang yang memenuhi pada selembar kain batik selain motif pokok. Motif pokok batik kembang suket berupa motif  kembang suket merupakan motif yang paling menonjol diantara motif - motif penghias.

Motif kembang tanjung pada batik kembang suket dibuat sedemikian rupa yaitu pada setiap motifnya dibuat dengan ukuran sama dan komposisi yang sama pula. Pada setiap kelopaknya terdapat motif hias berupa isen - isen sawut dan isen - isen cecek.

Demikian ulasan yang perlu diketahui Unsur Ragam Hias Batik Kembang Suket Indramayu Motif Kembang Tanjung, dapatkan artikel menarik lainya disitus Senibudayasia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel