Pengertian Seni dan Cabang Seni Serta Proses Penciptaan Seni

Pengertian Seni dan Cabang Seni Serta Proses Penciptaan Seni - Arti kata seni dalam bahasa inggris disebut art. kata art berasal dari bahasa latin ars yang artinya ketrampilan atau kepandaian. Kemudian pengertian kata seni meluas dan tidak hanya mengenai bidang tertentu saja.

Pengertian seni mencakup segala kreasi manusia antara lain seperti halnya kesusastraan, puisi, drama, musik, tari - tarian dan seni yang diamati atau dilihat dengan mata, contohnya

Berbagai Macam Hasil Karya Seni
Seni merupakan hasil kreasi dan getaran jiwa manusia yang dapat menimbulkan perasaan suka dan ataupun duka pada seseorang. Sesuatu mengandung nilai jika memenuhi beberapa syarat antara lain kehalusan dan keindahan atau nilai estetis.

Kesenian adalah segala hasil cipta manusia yang mengandung nilai seni, sedangkan seniman adalah orang yang berjiwa atau berbakat seni dan dapat menciptakan hasil seni.

Pengertian seni dan cabang seni serta proses penciptaan seni

Pengertian seni dan cabang seni serta proses penciptaan seni

Cabang - Cabang Seni 
Seni dibedakan atas tiga cabang seni yaitu seni suara, seni gerak dan seni rupa.
Seni suara terdiri atas seni sastra dan seni musik. seni sastra meliputi prosa dan puisi.
Seni musik meliputi seni lagu atau vokal dan seni instrumental. 

Selain itu, seni gerak meliputi seni tari, seni pencak, seni sandiwara, seni wayang orang, seni wayang kulit (boneka atau golek) merupakan perpaduan berbagai macam seni.

Didalam seni wayang kulit terdapat seni musik yang berupa seni karawitan atau disebut juga gamelan, seni sastra yang diucapkan oleh dalang, seni suara yang dilagukan oleh pesinden (seni vokal), seni gerak yang ditunjukan dalam gerakan wayang oleh dalang yang pada umumnya pada seni pedalangan disebut dengan seni sabetan dan sebagainya.

Proses Penciptaan 
Pada proses penciptaan seni meliputi beberapa hal antara lain hubungan seniman dan alam, hubungan seniman dan masyarakat, hubungan seniman dan karya seni. Sebagai seorang yang akan menciptakan suatu hasil karya seni seniman tidak terlepas dari keadaan alam tempat hidupnya. 

Pengertian seni dan cabang seni serta proses penciptaan seni

Dalam hasil ciptaanya seniman mengungkapkan rasa kagum, rasa gembira, rasa sedih, rasa ngeri serta berbagai rasa lainya terhadap alam.

Hubungan seniman dan masyarakat
Sebagai warga masyarakat seniman mendapatkan bahan dan inspirasi yang tak kunjung habis dari masyarakatnya untuk menghasilkan ciptaanya. Seniman harus tangkas dan pandai mengambil kesimpulan dari gejolak hidup masyarakatnya.

Seniman merupakan tokoh masyarakat yang dengan ciptaanya dapat merangsang, menggairahkan atau mengobarkan semangat masyarakat mencapai suatu tujuan dan sebaliknya, dengan ciptaanya seniman dapat mengurangi, menghentikan dan menghilangkan gejala kurang baik yang terjadi didalam masyarakat.

Hubungan seniman dan karya seni
Kita pada umumnya telah mengetahui bahwa seniman merupakan orang yang berjiwa seni dan berbakat seni yang berhasil atau mampu menciptakan hasil seni. Karya seni atau hasil seni yang diciptakan seniman dapat dibedakan antara lain sebagai berikut :
  • Komponis : Pencipta lagu yang berhasil secara musikal.
  • Sastrawan : Pencipta atau pengarang hasil susastra.
  • Pelukis : Pencipta seni dalam bentuk lukisan.
  • Penyair : pencipta syair atau gubahan berbentuk puisi.
  • Pematung : Pencipta seni dalam bentuk patung maupun relief.
Demikian Pengertian seni dan cabang seni serta proses penciptaan seni semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel