Fungsi Seni dan Perkembangan Seni Musik

Fungsi Seni dan Perkembangan Seni Musik - Untuk mencapai kebutuhan rohani selain kebutuhan jasmani yang juga merupakan sebagai perwujudan dari peran seni yang memiliki beberapa karya yang dihasilkan seperti dapat dilihat, didengar serta juga dapat diamati serta juga dapat menimbulkan kepuasan terhadap penikmat.

Cabang senipun memiliki fungsi sosial dan untuk fungsi individual. Seni, termasuk juga seni musik sangat erat hubunganya dengan kehidupan masyarakat. Peranan musik di dalam masyarakat sangat besar.

Kita saksikan kehadiran seni musik dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat, misalnya dalam kegiatan keagamaan, dalam upacara adat, dalam kemiliteran atau dalam peperangan, dalam pendidikan, dalam perdagangan dan sebagainya.

Fungsi seni dan perkembangan seni musik
Fungsi Individual
Fungsi individual seni musik dan cabang seni lainya adalah bahwa seni berguna bagi seniman itu sendiri. Seni juga memberikan kepuasan batin kepada penciptanya. Selain itu dalam keadaan masyarakat maju, seni merupakan lapangan hidup bagi seniman, yang dengan hasil ciptaanya harus dapat menghidupi diri dan keluarganya.

Perkembangan Musik
Musik sudah dari sejak sebelum tarikh Masehi. Peninggalan sejarah Mesir kuno memberikan bukti. Pada relief - relief batu Mesir kuno terdapat lukisan alat - alat musik. Dalam kitab suci "Kitab kejadian" Tertulis juga perihal musik. 

Karya musik terus berkembang sampai saat ini seiring dengan kemajuan kebudayaan dan teknologi serba mutakhir. Selain itu, pengetahuan musik tidak mengenal batas, semakin dalam kita mempelajari musik akan makin terasa banyak yang harus kita pelajari.

Apakah musik itu? Seni musik adalah pernyataan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi dan rhytem serta memiliki unsur harmoni atau keselarasan yang indah.

Dalam kehidupan sehari - hari sebenarnya manusia tidak terlepas dalam berhubungan dengan seni musik, dan perlu untuk kita ketahui menurut bentuknya seni musik dibedakan menjadi macam antara lain :
  • Musik Vokal : Musik yang hanya dinyanyikan dengan suara manusia, contohnya: paduan suara, unisono, trio dan sebagainya.
  • Musik Instrumental : Penyajian musik yang dilagukan dengan alat musik atau instrumen saja, contohnya : Symphoni.
  • Musik Campuran : Perpaduan suara manusia atau vokal dengan musik instrumental yang dihidangkan bersama.
Demikian Fungsi seni dan perkembangan seni musik semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel