Seni Rupa Murni Daerah dan Cara Menentukan Tema

Seni Rupa Murni Daerah dan Cara Menentukan Tema - Karya seni rupa murni daerah banyak dijumpai di daerah seperti seni patung, seni lukis, seni lukis wayang serta patung keramik juga seni patung yang terdapat di daerah Bali dan seni patung suku Asmat Papua dan sebagainya. 

Karya seni tersebut masing - masing memiliki ciri khas sehingga setiap daerah memiliki perbedaan dalam setiap karya antar daerah karena nilai- nilai budaya daerah yang berbeda. Dengan demikian seni murni daerah tersebut dapat diartikan jika karya seni tersebut terdapat nilai - nilai daerah.

Model Dan Ragam Seni Rupa Murni Daerah
Seni lukis adalah merupakan merupakan suatu karya seni yang pada umumnya dengan menggunakan media cat untuk berekspresi dan termasuk karya seni dua dimensi. Sedangkan karya yang terdapat lukisan tersebut memiliki ciri tersendiri sesuai dengan pengalaman estetika pelukisnya dan tentunya terdapat nilai - nilai budaya daerah, seperti benda atau kesenian lain yang menjadi ciri khas suatu daerah dan sebagainya. Contoh dapat dilihat seperti gambar yang tampak.

Seni Lukis Daerah Bali 

Seni rupa murni daerah dan cara menentukan tema

Seni Patung merupakan sebuah karya seni yang berdimensi tiga dengan cara pembuatanya menggunakan teknik dan bahan tertentu yang pada umumnya memiliki makna serta keindahan juga memiliki nilai - nilai budaya daerah tertentu juga selain dipengaruhi oleh pengalaman estetika seniman penciptanya.

Misalnya kalau di daerah Jawa tengah terdapat nilai budaya daerah terdapat kesenian yang menjadi ciri tersendiri, sehingga dalam pembuatan patung dapat mengangkat tema kesenian daerah untuk dijadikan obyek karya.

Seni Patung Daerah Asmat 

Seni rupa murni daerah dan cara menentukan tema

Bagaimana cara menentukan tema?
Dalam penciptaanya sangat dipengaruhi oleh sudut pandang seseorang yang atau pengalaman seorang ketika melihat suatu obyek, sehingga dari cara melihat suatu obyek tersebut dapat menentukan suatu tema dalam sebuah karya seni.

Di dalam suatu karya seni tidak terlepas dari adanya tema suatu karya seni karena seperti ide, gagasan serta pokok pikiran merupakan sebuah hal yang mendasar ketika sebelum seniman menciptakan suatu karya seni baik yang berdimensi dua atau tiga maupun dan karya seni relief

Sedangkan tema yang digunakan dalam karya seni seperti cabang karya seni rupa tidak terlepas dari pengaruh waktu serta keadaan masa penciptaan. Nilai - nilai budaya daerah yang menjadi tema dalam seni rupa misalnya keagamaan, sosial, menari, dunia anak, perjuangan, peperangan, alam dan sebagainya.

Tema - tema yang telah diciptakan dan masih eksis disekitar kita seperti karya seni rupa yang diciptakan pada zaman dahulu sebagai contoh relief candi yang menggambarkan kehidupan pada masa itu atau banyak mengangkat cerita Ramayana dan Mahabharata pada candi buddha dan candi Hindu.

Sedangkan seperti zaman sekarang ini semakin banyak dan beragama karena seni berkembang menjadi seni profan dan berkaitan dengan kehidupan duniawi.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel