Beginilah Keunikan Proses Pembuatan Batik Tanah Liek Minang Sumatera Barat

Beginilah Keunikan Proses Pembuatan Batik Tanah Liek Minang Sumatera Barat - Sulaman dan Bordiran daerah Sumatera Barat telah dikenal sejak dulu. Tanah Minang memang daerah yang banyak menyimpan karya seni yang berupa jenis kain yang juga memiliki keindahan dengan gaya seni berikut ini adalah "batik tanah liek".

Batik ini juga memiliki kesamaan bila dilihat dengan sekilas melalui motif dan warna. Motif dan warna batik ini seperti batik pada umumnya seperti batik solo dengan warna dasar coklat. Sedangkan untuk motif batik ini juga terdapat keunikan tersendiri.

Berdasarkan cara pembuatan dan nama batik tanak liek memang sangat berkaitan. Tanah liek di daerah minang berarti tanah liat dan tanah liat tersebut digunakan sebagai media perendam.

Berdasarkan proses pembuatan batik tanah liek dilakukan perendaman dengan pewarna terlebih dulu sebelum kain dilukis dengan menggunakan malam atau lilin. perendaman ini berguna untuk pewarnaan sesuai yang diinginkan.

Beginilah Keunikan Proses Pembuatan Batik Tanah Liek Minang Sumatera Barat


Setelah dikeringkan untuk menghilangkan lilinya kain dicelupkan kedalam air panas. Dalam hal ini ketika pembuatan batik tanah liek digunakan pewarna serta larutan air dari tanah liek. Selama seminggu Proses perendaman air dengan tanah liat, sehingga menghasilkan kain batik yang berwarna cokelat itulah yang menjadi ciri tersendiri.

Motif ragam hias yang dihasilkan kain batik ini juga hampir memiliki kesamaan dengan batik pesisiran yang biasanya bermotif seperti udang, hong dan juga tanaman.

Kota daerah Minang yang menghasilkan batik diantaranya adalah kota, Bukittinggi, Painan, Dharmasraya dan juga Solok.

Berdasarkan sejarahnya dulu batik digunakan para raja dan datuk guna upacara khusus yang dilingkarkan dileher dan kaum perempuan menyampirkan selendangnya pada bahu. Sedangkan sesuai perkembangan jaman kain batik dapat dipakai siapa saja.

Demikian ulasan  Beginilah Keunikan Proses Pembuatan Batik Tanah Liek Minang Sumatera Barat. Dapatkan ulasan seputar seni daerah lainya yang berasal dari Sumatera barat dan seni budaya tradisional maupun modern yang berkembang diberbagai daerah Indonesia dan seni budaya mancanegara dengan berbagai makna, nilai keindahan, keunikan dan nilai - nilai budaya dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel