Makna Manik - Manik Suku Dayak Yang Belum Banyak Diketahui

Makna Manik - Manik Suku Dayak Yang Belum Banyak Diketahui - Manik - manik telah menjadi bagian dari suku Dayak kalimantan. Kini seni kerajinan pernak - pernik Kalimantan memiliki ragam bentuk seperti dompet, tas laptop, gantungan kunci syal dan sarung telepon genggam.  Selain itu manik - manik juga dijadikan ikat kepala serta gendongan anak. 

Manik - manik yang beraneka ragam ini memiliki makna dan filosofi tersendiri bagi Suku Dayak, misalnya kuning, hijau, biru, merah dan putih. Simak berikut ini.

Manik - manik berwarna merah bermakna semangat hidup dan kekuatan dari berbagai penjuru yang tidak mudah luntur. Manik berwarna kuning bermakna keagungan dan keramat. Manik berwarna hijau bermakna alam semesta. Manik berwarna putih bermakna iman kepada Sang Pencipta. Baca Makna Filosofi Bening Aban Kerajinan Khas Dayak Kenyah.

Makna Manik - Manik Suku Dayak Yang Belum Banyak Diketahui

Jenis batu yang digunakan sebagai bahan manik- manik juga bermakna selain warnanya. Misalnya batu akik dipercaya menyembuhkan penyakit dan panen lebih berhasil. Sedangkan manik- manik batu kecubung digunakan untuk menyembuhkan atau penawar hewan berbisa. 

Batu bagi suku Dayak juga dipercaya penolak hewan berbisa atau kekuatan roh jahat dan juga meninggikan derajat pemiliknya. Manik di Suku Dayak tidak hanya sebagai gaya saja. Baca Seraung Kerajinan Anyaman Dayak Kenyah Kalimantan Timur.

Demikian ulasan kesenian daerah Makna Manik - Manik Suku Dayak Yang Belum Banyak Diketahui. Dapatkan pula ulasan seputar berbagai jenis kesenian yang berasal dari Suku dayak juga ulasan karya seni budaya yang bermakna dan bernilai baik Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel