Misteri Dan Keunikan Mandau Senjata Tradisional Suku Dayak

Misteri Dan Keunikan Mandau Senjata Tradisional Suku Dayak - Selain kerajinan anyaman dan tekstil suku Dayak juga memiliki ciri khas yang berupa senjata tradisional. Senjata khas suku Dayak selain Sumpitan khas dayak adalah Mandau. Mandau adalah senjata dan dianggap sakti Oleh Masyarakat dayak. Mandau juga digunakan untuk memotong tumbuhan atau benda lain karena orang Dayak sebagian besar hidup di hutan. 

Mandau ini mencirikan orang Dayak yang suka berpetualang dan kemanapun mereka pergi selalu membawa senjata ini dengan mengikatkan diikat pinggang sebagai senjata sakti suku Dayak. 

Suku Dayak yang terdapat di Pulau Kalimantan terbagi menjadi beberapa suku dan memiliki ciri dan budaya sendiri antara suku dayak satu dan suku dayak lain. Tetapi senjata mandau akan selalu dikenal oleh sedemikian banyak suku Dayak sebagai senjata sakti Dayak serta simbol kehormatan dan jati diri.

Misteri Dan Keunikan Mandau Senjata Tradisional Suku Dayak

Kesaktian senjata Mandau diperoleh dengan pengayuan atau pemenggalan kepala lawan selain proses pembuatanya yang melalui ritual. Mandau akan semakin sakti apabila semakin banyak memenggal kepala lawan dan rambut kepala lawan yang terpenggal akan menghias gagang Mandaunya. Hal tersebut dipercaya oleh orang Dayak akan adanya roh yang mendiami Senjata saktinya. 

Mandau terbuat dari besi matikei, besi baja dan montallat. Besi baja diambil dari bilah gergaji mesin, per mobil atau cakram kendaraan dan sebagainya. Bentuk Mandau ini pipih dan panjang dengan berujung runcing. 

Mandau yang paling baik mutunya adalah yang terbuat dari batu gunung yang dilebur sehingga menghasilkan besi yang kuat serta tajam. Hiasan mandau dibuat oleh orang tertentu dan dihias dengan perak, emas atau tembaga.

Gagang yang diukir menyerupai kepala burung terbuat dari tanduk rusa motif ragam hias seperti paruh burung, kepala naga kait atau pilin. Sedangkan pada ujung gagang berupa rambut manusia atau bulu binatang. Bentuk ukiran mandau mencirikan suku Mandau dibuat dan status sosial. 

Sarung Mandau disebut kumpang yang berupa lempengan kayu tipis dan dilapisi berbentuk gelang pada bagian atas. Lilitan rotan yang terdapat bagian tengah ini sebagai penguat. Hiasan selain terselip jimat juga bulu burung dan burung tanyaku. Selain Mandau juga terselip disisi sarung pisau kecil dan juga tali pinggang yang terbuat dari anyaman rotan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel