Arti Seni Budaya Budaya Kesenian Indonesia

Arti Seni Budaya :: Budaya Kesenian Indonesia - Budaya kesenian lebih dikenal dengan istilah seni budaya yang terbentuk oleh dua suku kata yaitu : seni dan budaya. Kedua kata tersebut masing - masing mempunyai istilah yang berbeda, berikut penjelasanya. 

Arti Seni Budaya Budaya Kesenian Indonesia

Seni : berkaitan dengan ide dan gagasan dan merupakan sinonim dari ilmu. Sedangkan seni sendiri juga dapat diartikan dengan ekspresi (cipta, rasa dan karsa) manusia dalam berkreatifitas. Cipta rasa dan karsa manusia berbeda - beda satu dengan yang lain, sehingga sulit untuk menilai seni. 

Budaya: berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah terbentuk dari kata jamak dari buddhi atau akal manusia dan terangkut menjadi satu seni budaya BHINEKA TUNGGAL IKA dengan menunjukkan adat ketimuran dan berasaskan Pancasila. 

Di sisi lain budaya diartikan tata cara hidup manusia yang diwariskan secara turun temurun. 

Sedangkan seni mempunyai banyak pendapat tentangnya. Seni adalah aktifitas perbuatan yang timbul dan bersifat indah, jadi seni adalah karya manusia yang bersifat indah itulah yang dimaksud seni. 

Kebudayaan di Indonesia

Kebudayaan Indonesia sangat beragam mulai dari Sabang Sampai Merauke sungguh sebuah aset yang tidak ternilai harganya. Kebudayaan Indonesia terdapat di setiap daerah di wilayah Indonesia dan masing - masing daerah mempunyai keunikan tersendiri, ingat karena hal kembali pada arti budaya adalah tata cara hidup.

Contoh seni budaya kesenian daerah, misalnya seni tari tradisional daerah, karya kerajinan daerahalat musik daerah, lagu daerah dan sebagainya yang setiap daerah memiliki ciri kedaerahan.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel