Motif Batik Gayo Aceh dan Jenis - Jenis Motif Batik Gayo

Motif Batik Gayo Aceh dan Jenis - Jenis Motif Batik Gayo  - Motif batik yang berasal dari daerah Aceh sangat beragam yang hingga kini terus berkembang dengan ciri khas daerah Aceh. Motif batik Gayo adalah motif batik yang berkembang di industri daerah Aceh yang terinspirasi dari gaya ukiran unik yang terdapat pada rumah adat Aceh yang disebut dengan kerawang Gayo.

Motif Batik Gayo Aceh dan Jenis - Jenis Motif Batik Gayo

Kerawang Gayo yang terdapat pada bagian bagian rumah adat Aceh selain sebagai seni hias kerawang Gayo berupa pahatan yang bermakna filosofi kehidupan juga sebagai simbol tertentu sesuai dengan kepercayaan adat Gayo. 


Motif Batik Aceh yang terkait dengan motif pada rumah Aceh contohnya : Motif Pintu Aceh, Motif Batik tolak angin. Motif Gayo Aceh tersebut diproduksi dengan berciri khas Gayo dengan metode eksplorasi ide, perancangan dan perwujudan sehingga terbentuk motif batik Aceh yang unik.

Motif batik Gayo terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :
  • Motif Ceplok Gayo
  • Motif Gayo tegak
  • Motif Gayo lurus
  • Motif Parang Gayo
  • Motif Gayo lembut
  • Motif Geometris Gayo
Semua motif batik tersebut diproduksi sebagai karya seni warisan leluhur yang terus dikembangkan sebagai batik khas daerah Gayo Aceh. Batik Gayo adalah motif tersendiri yang diproduksi oleh orang Gayo dengan motif yang khas kedaerahan.

Dalam perkembanganya kain batik motif Gayo oleh masyarakat Gayo digunakan untuk keperluan formal maupun non formal juga mengenalkan motif batik Gayo sebagai karya seni budaya kreatif yang diproduksi oleh masyarakat Gayo Aceh. 

Demikian ulasan  Motif Batik Gayo Aceh dan Jenis - Jenis Motif Batik Gayo. Dapatkan ulasan seputar seni batik daerah Aceh dan seni budaya tradisional dan modern juga seni budaya yang berkembang di Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel