Motif Surosowan Seni Ragam Hias Batik Provinsi Banten

Motif Surosowan Seni Ragam Hias Batik Provinsi Banten  - Motif batik Surosowan adalah batik Banten yang paling terkenal dari beberapa ragam hias batik di Banten. Motif - motif yang dihasilkan adalah sebuah motif yang diciptakan oleh para seniman pada zaman keraton kesultanan Banten.

Motif Surosowan Seni Ragam Hias Batik Provinsi Banten
Gambar ragam hias atau motif - motif unik ditemukan oleh para arkeolog pada benda - benda kuno berupa gerabah dan keramik lokal kemudian motif tersebut di desain pada kain batik dengan melakukan variasi pada motif.

Benda - benda kuno bermotif unik oleh para pengrajin batik maupun masyarakat Banten hingga kini tetap dikembangkan pada kain batik yang menjadi kekayaan keseniah daerah Banten dan nasional.

Membatik telah dikenal sejak lama yaitu sejak abad ke 17 oleh masyarakat Banten tetapi mengalami kevakuman setelah kesultanan Banten berakhir dan mulai membatik sejak ditemukan benda - benda atau artefak yang berhias motif - motif.

Ciri motif Banten selain motif batik yang mengembangkan dari motif benda kuno juga pemberian nama pada batik yang mengambil dari nama tempat, desa, ruangan dan nama gelar bangsawan.Nama - nama motif yang mengambil dari nama gelar bangsawan, nama tempat dan sebagainya seperti

Surosowan adalah nama kerajaan kesultanan Banten yang berasal dari kata suro (pa) dan Sowan berarti tempat untuk menghadap.

Bentuk motif batik Banten surosowan dengan motif dasar tumpul bergerigi berhias bunga dan variasi motif daun, bentuk belah ketupat dan lingkaran polos sebagai motif dasar pada booh, untuk lebih jelas lihat pada gambar motif.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel