Sejarah, Makna Simbolis Ragam Hias Batik dan Motif Batik Bogor

Sejarah, Makna Simbolis Ragam Hias Batik dan Motif Batik Bogor - Bogor merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat  juga dikenal dengan sebutan kota hujan. Selain dikenal sebagai kota kuliner kota Bogor terdapat jenis kesenian salah satunya adalah kesenian batik Bogor.

Sejarah, Makna Simbolis Ragam Hias Batik dan Motif Batik Bogor

Batik Bogor didirikan sejak tahun 2008 silam sebagai wujud pelestarian budaya setempat. Pembuatan motif batik Bogor terinspirasi dari ikon - ikon khas yang Bogor yang ditorehkan pada kain batik yang dalam perkembangan selanjutnya diharapkan batik Bogor dikenal oleh para pecinta batik nusantara maupun berbagai negara. 

Batik Bogor merupakan sebuah ekspresi seni yang terinspirasi dari kondisi alam, kebudayaan, sisa peninggalan kerajaan Pakuan dan benda - benda bersejarah. Adapun motif batik yang paling terkenal dari kota Bogor yang mengandung ikon kota Bogor yaitu motif Kujang Kijang. Seperti yang telah diketahui Kujang adalah senjata tradisional yang berasal dari Sunda, Sedangkan Kijang adalah hewan yang hidup dan berkembang di Istana Bogor.

Motif Kujang Kijang melambangkan menyatunya Kujang dan kijang yang kokoh dan  alat untuk mempertahankan, melindungi, mengayomi dan mengusir penjajah dari bumi Jawa Barat yang digambarkan pada kain batik berupa senjata tradisional kujang lancip serta tanduk rusa pada bagian luar.

Motif batik Bogor terdapat berbagai macam motif yaitu : Kujang Kijang, Banyak Ngantrang, Ragem Penganten dan motif flora fauna khas kota Bogor. Motif batik flora khas Bogor seperti : motif batik bunga bangkai, motif batik bunga teratai,motif batik daun pisang dan motif paku jajar.

Ditinjau dari segi visual dan kepopuleranya ragam hias batik dari kota Bogor tidak sepopuler batik yang berasal dari Yogyakarta dan batik Surakarta. Walau begitu adanya batik Bogor memiliki corak yang khas sebagai batik daerah sebagai wujud pelestarian budaya setempat. Dari segi pembuatan batik dan pewarnaan, batik Bogor tidak jauh beda dengan batik yang berasal dari daerah lain.

Motif
batik yang unik dari kota Bogor selain motif batik kujang kijang adalah motif pisau kujang dan hujan gerimis. Makna simbolis dari goresan ornamen batik Bogor seperti :

- Motif bati kepala kijang goresan batik simbol Istana Bogor.
- Motif teratai goresan batik simbol Kebun Raya Bogor
- Motif batik pisau kujang lambang kota Bogor
- Motif batik hujan Gerimis sebutan atau julukan kota Bogor

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel