Makna dan Keunikan Motif Parang Lembu Sekar Rinambat Ragam Hias Batik Bojonegoro

Makna dan Keunikan Motif Parang Lembu Sekar Rinambat Ragam Hias Batik Bojonegoro - Batik adalah karya seni kerajinan unik yang terdapat hampir diseluruh daerah Indonesia dengan berbagai ragam corak batik yang melalui motif - motifnya batik mampu menunjukan dari mana ornamen tersebut berasal.

Makna dan Keunikan Motif Parang Lembu Sekar Rinambat Ragam Hias Batik Bojonegoro

Pada umumnya batik yang paling terkenal berasal dari Jawa Tengah khususnya Yogyakarta dan Surakarta yang dari kedua daerah tersebut terkenal dengan batik populer. Hal itu tidak terlepas dengan keberadaan keraton yang terdapat di kedua daerah yang lekat dengan budaya membuat batik yang berkembang menjadi kebudayaan nasional Indonesia.

Batik - batik yang dibuat tidak semata - mata hanya mengutamakan keindahan saja melainkan melalui torehan tangan para pembatik terampil terkandung berbagai makna yang lekat dengan nilai budaya setempat.

Budaya daerah yang kompleks memberikan nilai tersendiri khususnya pada seni batik yang terus diproduksi dari zaman dahulu hingga sekarang sebagai bentuk upaya melestarikan budaya daerah.

Wujud pelestarian budaya daerah maupun nasional khususnya batik dapat kita jumpai pada batik Bojonegoro yang mengaktualisasikan budaya mereka melalui karya seni batik yang dikenal dengan batik khas Bojonegoro.

Batik Bojonegoro

Batik Bojonegoro dikenal dengan batik Jonegoroan yang terdiri dari berbagai macam motif batik diantaranya : motif pelem - pelem sumilar, motif jagung miji emas, motif gatra rinonce dan masih banyak lagi motif batik khas daerah tersebut.

Motif batik khas Bojonegoro selain yang disebutkan tersebut adalah motif batik Parang Lembu Sekar Rinambat. Dalam bahasa Jawa Parang Lembu berarti deretan sapi yang ditambatkan dan membentuk barisan miring dan Sekar Rambat atau Rinambat berarti bunga yang merambat tanpa batas.

Makna dari Motif batik Parang Lembu Sekar Rinambat adalah sebuah harapan di masa mendatang Kabupaten Bojonegoro menjadi pusat peternakan sapi sehingga mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap masyarakat Bojonegoro yang digambarkan pada kain batik  sapi yang tertambat di kandang berbentuk miring dengan kombinasi warna hitam putih.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel