Makna Simbolis Batik Bojonegoro Motif Jagung Miji Emas

Makna Simbolis Batik Bojonegoro Motif Jagung Miji Emas - Bojonegoro adalah daerah Kabupaten provinsi Jawa Timur dengankondisi alam pegunungan yang subur. Bojonegoro berbatasan langsung dengan lima kabupaten di Jawa Timur salah satunya adalah bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Blora salah satu penghasil ragam hias batik di provinsi Jawa Tengah.


Kondisi alam Bojonegoro yang subur memberikan kekayaan alam yang melimpah bagi masyarakat daerah yang setempat. Kondisi alam tersebut oleh seorang perancang batik diwujudkan pada kain berupa ragam hias gambar motif batik yang dikenal sebagai batik khas daerah Bojonegoro daerah Penghasil batik di Provinsi Jawa Timur.

Seni kerajinan batik Bojonegoro terdapat sembilan motif batik Bojonegoro yaitu :
Dari nama - nama motif batik yang telah disebutkan sebagian besar terinspirasi dari bentuk alam benda berupa tumbuhan yang terdapat di Kabupaten Bojonegoro salah satunya adalah Tumbuhan Jagung.

Tumbuhan  jagung merupakan tanaman merakyat di Bojonegoro yang distilasi menjadi sebuah ornamen batik. Jenis tanaman jagung tumbuh subur yang tergambar pada motif batik yang dikenal dengan motif jagung miji emas menggambarkan tanaman jagung salah satu pengganti makanan pokok dan meningkatkan pendapatan. Lebih jelasnya motif batik Jagung Miji Emas seperti yang terlihat pada gambar batik. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel