Motif Parang Jeporo Ornamen Ragam Hias Jepara

Motif Parang Jeporo Ornamen Ragam Hias Jepara - Batik Jepara adalah batik yang berasal dari daerah Jepara, membatik telah dikenal oleh penduduk setempat sejak zaman R.A. Kartini. Pengenalan batik Jepara kepada dunia luar salah satunya adalah jasa beliau sehingga batik dikenal sampai negeri Belanda.
Motif Parang Jeporo Ornamen Ragam Hias Jepara
Selain piawai dalam membatik R.A. Kartini juga pandai menulis dengan bahasa Belanda. Karya tulisan yang beliau ciptakan bertemakan batik kemudian dikenal oleh negara - negara di luar Indonesia.

Batik Jepara berkembang dengan batik - batik daerah nusantara lainya tetapi tidak sepopuler batik seperti batik Surakarta dan batik Yogyakarta. Walau tidak sepopuler batik - batik di daerah tersebut batik Jepara hingga kini masih tetap terjaga eksistensinya.

Di tinjau dari segi motif batiknya batik Jepara mengadopsi unsur - unsur motif ukiran khas Jepara yang di gambar pada kain batik. Hal itu menunjukan sebuah keterkaitan budaya dari sebuah ornamen antara motif ukiran dengan motif batik Jepara.

Karya batik yang dihasilkan oleh para penggiat batik di daerah Jepara sangat beranekaragam corak dan motif yang unik berupa motif pada ukiran kayu Jepara yang tergambar pada kain. Motif batik Jepara salah satunya adalah Motif Parang Jeporo.

Parang Poro adalah sebuah singkatan dari Parang Jeporo yang artinya motif batik parang Jepara yang berasal dari motif ukiran Jepara. Desain batik Parang Jepara bermotif tumbuhan yang disusun sedemikian rupa yaitu antara ranting dan daun yang saling berkaitan.

Adapun makna dari batik Jepara motif Parang Jepara yang indah ini. Motif batik tersebut menyiratkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial dan selalu hidup berdampingan saling membutuhkan satu sama lain.

Demikian ulasan seputar seni batik  Motif Parang Jeporo Ornamen Ragam Hias Jepara. Dapatkan ulasan seputar karya seni batik lainya yang berasal dari Bojonegoro dan kesenian tradisional maupun seni budaya modern dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel