Motif Sekar Jagat Bumi Kartini Ragam Hias Batik Jepara

Motif Sekar Jagat Bumi Kartini Ragam Hias Batik Jepara - Batik Jepara merupakan batik daerah sebagai budaya daerah khas daerah Jepara yang tetap dilestarikan hingga sekarang oleh para komunitas penggiat batik. Batik Jepara tidak begitu terkenal jika dibanding batik - batik daerah yang berasal dari Surakarta atau Yogyakarta.

Motif Sekar Jagat Bumi Kartini Ragam Hias Batik Jepara

Ragam hias corak batik Jepara memberikan kesan dan warna tersendiri bagi perkembangan batik nusantara dan industri batik yang semakin berkembang. Hal itu merupakan sebuah wacana baru bagi perkembangan batik daerah nusantara terutama para penggiat batik pada umumnya.

Motif batik khas daerah Jepara merupakan sebuah karya seni yang yang pada pembuatan motifnya berasal dari motif ukir kayu Jepara yang sangat terkenal dan tidak menutup kemungkinan adanya gubahan - gubahan yang dilakukan pada pembuatan motif batik Jepara.

Walau motif batik  di Jepara sangat unik dan indah tetapi perkembangan batik di daerah tersebut tidak banyak perkembangan dan cenderung sedikit para pembatik yang dapat dijumpai di daerah tersebut. Motif batik khas daerah Jepara salah satunya adalah motif Sekar Jagat Bumi Kartini.

Motif Sekar Jagat Bumi Kartini adalah motif yang tergolong baru dan terinspirasi dari bentuk dari motif - motif  Sekar Jagad telah ada sebelumnya. Motif ini di rancang sedemikian rupa sehingga menimbulkan nuansa yang berbeda dengan menambahkan bentuk ragam hias bunga melati pada garis pembatasnya.

Penggunaan bunga melati pada desain motif sekar jagat bumi Kartini diharapkan berbagai macam batik serta pembuatan batik yang ada di Jepara menjadi salah satu ornamen batik yang dikenal luas masyarakat Indonesia dan menyebarkan aroma keindahanya ke pelosok Indonesia.

Demikian ulasan seputar karya seni  Motif Sekar Jagat Bumi Kartini Ragam Hias Batik Jepara. Dapatkan ulasan seputar karya seni yang berasal dari Jepara juga karya seni budaya tradisional maupun modern di Indonesia maupun mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel